Sabtu, 20/04/2024 05:12 WIB

9 Film Korea Diakui Dunia

Tidak hanya dikenal memiliki drama yang berkualitas Korea Selatan juga ternyata memiliki banyak film-film yang berkualitas Dilansir dair Koreaboo beberapa film ini .

Film Korea (Foto: Allkpop)

Jakarta - Tidak hanya dikenal memiliki drama yang berkualitas, Korea Selatan juga ternyata memiliki banyak film-film yang berkualitas. Dilansir dair Allkpop, beberapa film ini berhasil memperoleh pengakuan dan pujian dari dunia internasional. 

1. Oldboy (2003)

Meski telah berusia lebih dari satu dekade, tapi film thriller misteri yang disutradarai oleh Park Chan Wook ini telah melegenda. Film ini berhasil menyabet penghargaan di Cannes Film Festival 2004, film ini juga masuk ke dalam nominasi Palme d`Or.

Oldboy menceritakan tentang seorang pria yang diculik, dikurung dan disiksa selama 15 tahun, tanpa mengetahu alasan dibalik penculikannya itu. Pria itu kemudian dilepaskan untuk mencari tahu tentang insiden penculikannya, dan untuk menangkap penculiknya. Film ini dibuat ulang di Hollywood pada 2013 lalu.

2. Handmaiden

Park Chan Wook sekali lagi berhasil mempesona penonton internasional dengan penampilannya di film Handmaiden. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang ingin menipu pewaris Jepang yang kaya raya. Dia memperkerjakan seorang wanita untuk menjadi pelayan dari ahli waris itu, untuk membantu membujuk sang pewaris jatuh ke dalam perangkapnya. Film ini memiliki cerita akhir yang sangat mengejutkan, Handmaiden diputar perdana di Festival Film Cannes 2016, direktur seni film ini berhasil menyabet penghargaan dari ajang festival film bergengsi itu.

3. The Chaser (2008)

Film yang menjadi terobosan Ha Jung Woo untuk masuk kedalam jajaran aktor ternama, dan merupakan film perdana sutradara Na Hong Jin ii berhasil memperoleh pengakuan dari dunia internasional.

Aksi dalam film bergenre thriller ini didasarkan pada kisah nyata pembunuh berantai Korea Yoo Young Chul. Menceritakan kisah seorang mucikari yang dulunya adalah manan detektif, ia kemudian mencoba melacak misteri pembunuhan beberapa wanita yang hilang.

4. The Wailing (2014)

Film horro yang disutradarai oleh Na Hong Jin ini diputar di Festival Film Cannes, dan dirilis di Amerika. Film ini menceritakan tetang seorang polisi yang menyelidiki kematian beruntun, yang disebabkan oleh penyakit misterius, setelah orang asing asal Jepang pindah ke kota tersebut.

5. Snowpiercer (2014)

Film yang ditulis bersama oleh Bong Joon Ho dan Kelly Masterson ini juga dibintangi oleh aktor top Hallyu dan Hollywood, yakni Song Kang Ho dan Chris Evans. Menceritakan tentang kisah kelangsungan hidup manusia terakhir yang tersisa di sebuah kereta besar pada era es pasca-apokaliptik.

Penempatan pada kereta itu dibagi berdasarkan kelas sosial mereka, kalangan elit hidup di bagian yang mewah bersama dengan mobil-mobil mewah mereka. Sementara itu masyarakat kelas bawah, tinggal dalam kondisi kumuh di ekor kereta, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk memberontak.

Film ini mendapatkan pujian dari kalangan internasional, dan berhasil memenangkan sejumlah penghargaan.

6. The Host

Film blockbuster lain yang digarap oleh Bong Hoon Ho. Joon Ho lagi-lagi menggaet aktot Sang Kang Hoo dan aktris Go Ah Sung yang lagi-lagi berperan sebagai duo ayah-anak. Berawal dari seorang ahli patologi militer Amerika yang memerintahkan asistennya untuk membuang ratusan botol bahan kimia ke saluran pembuangan. Beberapa tahun kemudian, muncul makhluk misterius dan mengerikan dari perairan sungai Han.

Makhluk itu membunuh ratusan warga sipil dan menimbulkan malapetaka di kota. Go Ah Sung adalah salah satu korban yang hanyut dibawa oleh monster itu. Meski sempat merasa putus asa, tapi sang ayah terus menerus berusaha untuk mendapatkan kembali putri tercintanya.

Film ini diputar di beberapa festival film internasional, termasuk Cannes, dan dirilis secara terbatas, salah satu direktur terkenal A. Quins Tarantino bahkan menyatakan film ini sebagai salah satu film top favoritnya.

7. Okja

Bang Joon Ho sekali lagi membuktikan diri sebagai seorang hitmaker. Filmnya ini juga kembali di putar di Fetival Film Canes, dan menceritakan kisah seorang gadis muda, yang tinggal berama kakek dan sahabatnya, seekor babi raksasa yang bernama Okja. Ternyata Okja adalah bagian dari rencana salah satu perusahaan yang memodifikasi babi menjadi babai super besar, untuk komsumsi masal.

Perusahaan itu kemudian menculik Okja untuk diantarkan kembali ke New York, sang pemilik yakni Mija pun memutuskan untuk melakukan aksi penyelamatan babi kesayangannya tersebut.

8. Train To Busan (2016)

Film zombie yang disutradasari oleh Yeon Sang Ho ini berhasil memperoleh pujian dari dunia film internasional. Film yang dibintangi salah satu aktor papan atas Korea Gong Yoo, ini juga dirilis di Amerika, dan diputar di Festival Film Cannes. Menceritakan tentang virus yang menyebabkan orang-orang berubah menjadi zombie, namun warga kembali memiliki harapan ketika mengetahui bahwa terdapat satu tempat yang aman dari virus ini.

9. The Villaines (2017)

Film yang disutradarai oleh Jung Byung Gil ini memperoleh tepuk tangan meriah pada Festival Film Cannes yang ke-70, dan pemeran protagonis Kim Ok Bin mendapat pujian luar biasa atas perannya dalam film thriller yang penuh aksi ini. Kim berperan sebagai pembunuh wanita yang semenjak kecil telah dilatih untuk membunuh.

Dia dijanjikan akan bebas setelah melayani Badan Intelijen Korea Selatan selama 10 tahun, namun ternyata ia harus berjuang untuk kebebasannya

KEYWORD :

Kpop Kdrama Train To Busan Handmaiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :