Sabtu, 20/04/2024 21:02 WIB

Cerita di Balik Seekor Kera Mengadopsi Anak Ayam

Seekor monyet kesepian di kebun binatang Israel mengadopsi seekor ayam karena tak kunjung dikarunia buah hati.

Niv adalah nama seekor kera hitam Indonesia di Taman Safari Ramat Gan di dekat Tel Aviv (Foto: AFP)

Ramat Gan, Israel - Ternyata sifat keibuan tidak hanya dimiliki manusia, namun juga terjadi pada binatang. Seperti seekor monyet kesepian di kebun binatang Israel mengadopsi seekor ayam karena tak kunjung dikarunia buah hati.

Niv, nama yang seekor kera hitam Indonesia menghabiskan beberapa minggu terakhir ini membelai, membersihkan dan bermain dengan ayam di Taman Safari Ramat Gan di dekat Tel Aviv.

“Tampaknya Niv, yang berusia empat tahun dan mencapai usia kematangan seksual, mengalami kesulitan mencari pasangan,“ kata juru bicara kebun binatang Mor Porat.

“Ini mungkin menjelaskan naluri keibuan yang ia ungkapkan pada ayam ini. Ayam yang tidak memiliki nama itu sebetulnya bisa dengan mudah lolos dari jeruji besi tapi memilih tinggal di dekat Niv,“ tambahnya

“Hubungan semacam ini jarang terjadi,“ kata Porat kepada AFP. “Kadang kera membunuh dan memakan ayam yang masuk kandang mereka atau bermain dengan mereka sampai mereka mati.“

Untuk menghindari akhir yang tragis, para pejabat memisahkan Niv dan teman berbulu dari kera lainnya - terlepas dari ibunya, yang sering menjadi sasaran permusuhan dari wanita lain.

Porat mengatakan ayam itu nampaknya sangat senang menemukan ibu pengganti. Pada malam hari mereka tidur bersama. Beberapa bulan yang lalu, Niv mencoba mengadopsi ayam, tapi ayam tersebut lepas.

Tampaknya pertemanan binatang yang jarang terjadi seringkali merupakan hasil dari spesies yang berbeda yang disatukan oleh manusia. Seekor beruang, singa dan harimau ditemukan selama serangan narkoba di Amerika Serikat tetap tak terpisahkan untuk kehidupan setelah mereka dipindahkan ke tempat perlindungan hewan.

Tapi Porat mengatakan, jelas dari mana ayam-ayam di kebun binatang itu berasal. Kera hitam terdaftar sebagai sangat terancam oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Ayam peliharaan adalah burung yang paling umum di dunia.

KEYWORD :

Kera Ayam Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :