Sabtu, 20/04/2024 13:59 WIB

Tim Robot Indonesia Borong Juara Umum di Taiwan

Pencapaian ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Di ajang yang sama, ITS membawa sepuluh penghargaan pada 2016 silam.

Tim robot asal Indonesia di Taiwan

Taiwan – Kabar menggembirakan datang dari Taiwan. Tim Robot Ichiro asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memborong gelar juara umum, dalam kompetisi Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2017, di Taiwan.

Sebanyak 14 penghargaan tercatat diraih oleh Tim Ichiro, antara lain peringkat pertama kid size, peringkat tiga kid size, juara satu mini DRC kid size, juara satu united socceer kid size, juara sprint kid size, hingga juara dua halang rintang adulz size.

Pencapaian ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Di ajang yang sama, ITS membawa sepuluh penghargaan pada 2016 silam. Tentu, ini menjadi semangat bahwa anak bangsa mampu bersaing di kancah internasional, khususnya di dunia robotik.

“Kami harap semangat ini menular kepada tim-tim robot lain, sehingga nama Indonesia menjadi besar di bidang robotika. Kami juga mengharapkan sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian, sehingga ada percepatan teknologi robot yang bisa tercapai,” ujar pembina UKM Robotika ITS Muhtadin, Minggu (27/8) lewat siaran pers di Jakarta.

Sementara Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Didin Wahidin mengatakan kemenangan Indonesia merupakan modal optimistis untuk mengembangkan teknologi nasional di masa mendatang.

“Ini makin memperkuat kepercayaan diri anak-anak bangsa, dan optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang siap memenangkan persaingan,” katanya.

KEYWORD :

Tekno ajang robot internasional robotik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :