Rabu, 24/04/2024 20:16 WIB

Bawang Indonesia akan Merambah Ekspor ke Negara ASEAN

Dalam waktu dekat Menteri Indonesia kembali akan melakukan eskpor ke Timor Leste

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Mentan)

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman pada (18/8) mempersembahkan sepuluh kontainer atau sekitar 5.600 ton ekspor bawang merah ke Thailand. Kini dalam waktu dekat Menteri kelahiran Sulawesi Selatan tersebut akan melakukan eskpor ke Timor Leste.

Kabar gembiran itu datang dari Staf Khusus Kementerian Pertanian, Sukriansyah Latief melalui Vlog pribadinya yang diterima redaksi jurnas.com pada Jumat (24/8)

“Insya allah pada Kamis (31/8) depan saya akan berangkat ke Timur Leste untuk bertemu dengan Menteri Pertanian, dan rencananya akan melakukan ekspor bawang merah dari kabupaten Malaka awal September. Semua ini hasil kerja sama, para petani dan seluruh stakeholder,“ kata Syukriansyah.

Ekspor bawang merah ke Thailand merupakan prestasi di bawah pemerintahan Jokowi-Jk. Pasalnya, pada 2014, Indonesia masih melakukan impor bawang merah dari Thailand 72 ribu ton, 2015 turun menjadi 17 ribu ton, sementara 2016 sudah tidak ada impor.

Tepat Hari Kemerdakaan Indonesia ke-72 tahun 2017, keadaan berbalik, giliran  Negeri Seribu Pagoda itu yang mengimpor bawang merah di Indonesia, sebab produksi komoditi bawang merah dalam negeri melimpah sekitar 1,6 juta ton, sementara kebutuhan dalam per tahun sekitar 1,2 juta ton, artinya Indonesia swasembada sekitar 400 ribu ton.

Dari swasembada 400 ribu ton yang diekspor ke Thailand 5.600 Ton, masih tersisah sekitar 394.400 ton. Dari sisah ketersedian tersebut kembali akan dilabuhkan ke Timor Leste, dan beberapa negara di ASEAN lainnya seperti Vietnam, Malaysia Singapuran dalam waktu dekat.

KEYWORD :

Kementerian Pertanian Amran Sulaiman Bawang Merah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :