Jum'at, 19/04/2024 02:27 WIB

INTERNASIONAL

Anti Dumping China Lawan Produk-produk Legal AS

Pemerintah China menilai penerapan anti dumping terhadap produk Amerika Serikat adalah prosedur hukum yang sudah tepat

Juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng (Foto: People`s Daily)

Jakarta - Juru bicara Kementerian Perdagangan China (MOC) Gao Feng, pada Kamis (24/8) menilai penerapan anti dumping terhadap produk Amerika Serikat adalah prosedur hukum yang sudah tepat

Tindakan China tersebut merupakan balasan terhadap investigasi Pamam Sam terhadap praktik kekayaan intelektual China, juru bicara MOC Gao Feng mengatakan kepada pers bahwa kedua probe tersebut legal.

Penerapan anti-dumping terhadap produk preform serat optik yang diimpor dari Jepang dan Amerika Serikat, mulai dari 18 Agustus tahun ini, merupakan tanggapan atas peninjauan yang sah yang diajukan oleh perwakilan industri dalam negeri, kata Gao.

China meluncurkan langkah-langkah anti dumping untuk mengimpor prefiks serat optik dari Jepang dan Amerika Serikat dari 19 Agustus 2015, dengan masa pelaksanaan dua tahun.

Mengenai penerapan anti dumping terhadap produk serat optik single mode tak beraturan yang diimpor dari Amerika Serikat dan Uni Eropa, dimulai dari 22 Agustus tahun ini, semua prosedur sesuai dengan hukum, kata Gao.

Gao mengulangi, China akan mengambil semua tindakan yang tepat untuk mempertahankan kepentingan hukumnya sebagai tanggapan atas penyelidikan perdagangan AS yang merusak sistem perdagangan internasional dan hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer minggu lalu secara formal memulai penyelidikan terhadap praktik kekayaan intelektual China berdasarkan undang-undang perdagangan yang jarang digunakan, meskipun ada kekhawatiran potensi yang merugikan hubungan dagang China-AS

Bagian 301, yang banyak digunakan pada tahun 1980an dan awal 1990an, memungkinkan Amerika Serikat secara sepihak memberlakukan tarif atau pembatasan perdagangan lainnya di luar negeri. Namun negara ini jarang menggunakan alat perdagangan yang sudah ketinggalan zaman sejak Organisasi Perdagangan Dunia didirikan pada tahun 1995.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :