Sabtu, 20/04/2024 16:51 WIB

Hidayat Nur Wahid : Mengenyam Pendidikan Adalah Hak Asasi Manusia.

Bangsa Indonesia digagas dan didirikan oleh para terpelajar, dan cendekia yang berkarakter.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

Jakarta - Bangsa Indonesia digagas dan didirikan oleh para terpelajar, dan cendekia yang berkarakter. Mereka merintis berdirinya Indonesia, melalui pergerak yang didirikanm Rintisan berdirinya Indonesia yang dilakukan oleh para terpelajar itu dimulai pada 1901 yang dilakukan gerakan Jamiatulkhair. Kemudian dilanjutkan Budi Oetomo tahun 1908, dan Sumpah Pemuda tahun 1928, sebelum akhirnya indonesia merdeka pada 1945.

Keterlibatan para pelajar dalam merintis kemerdekaan Indonesia, menjadi bukti bahwa pendidikan merupakan cara yang tepat untuk mencapai kemajuan. Karena sudah benar, jika pemerintah memberikan perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan. Apalagi, pendidikan merupakan salah satu hak azazi manudia.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR R Hidayat Nur Wahid saat memberikan sambutan pada sidang pleno ke 28 lembaga pengkajian MPR. Acara tersebut berlangsung di Ruang GBHN, Selasa (22/8). Sidang pleno dengan tema Proses Transformasi Pembelajaran Karakter Bangsa itu menghadirkan nara sumber Presiden ke 3 Prof. BJ. Habibie. Ikut hadir dalam acara tersebut pakar pendidikan Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd dan menteri pendidikan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP

Pendidikan yang diamanatkan UUD NRI Tahun 1945, kata Hidayat adalah pendidikan yang mempererat tali persatuan, mencerdaskan dan mampu ikut membangun karakter bangsa Indonesia. Bukan pendidikan yang malah menyebabkan polemik serta perpecahan.

"Pendidikan yang bisa berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat, dan memberi kemajuan bagi bangsa Indonesia", kata Hidayat menambahkan.

Ini penting, karena Indonesia adalah negara yang beragam. Karena itu pemerintah menurut Hidayat juga perlu memperhatikan keberagaman dalam dunia pendidikan. Termasuk keberagaman kemampuan lembaga pendikan. Dan keberagaman kesiapan sekolah melaksanakan program pendidikan dari pemerintaha.

KEYWORD :

Warta MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :