Kamis, 25/04/2024 14:25 WIB

INTERNASIONAL

Pemerintah Ukrania Bongkar 1,320 Patung Lenin

Pemerintah Ukrania memindahkan sekitar 1,320 Patung Lenin, sang revolusioner komunis 

Pemerintah Ukrania bongkar Patung Lenin (Foto: The Time)

Jakarta - Pemerintah Ukrania memindahkan sekitar 1,320 Patung Lenin, sang revolusioner komunis menyusul dorongan pemerintah untuk menyingkirkan simbol era Soviet.

Monumen pemimpin Bolshevik dibongkar di setiap kota, desa dan kota yang dikendalikan oleh pemerintah yang berbasis di Kiev yang menjatuhkan presiden pro-Rusia Viktor Yanukovych tiga tahun lalu, menurut para pejabat dikutip Independent pada Selasa (22/8)

Inisiatif anti-Soviet, yang juga memerintahkan penggantian nama jalan-jalan dan kota-kota, dijadikan undang-undang oleh Presiden Petro Poroshenko pada Mei 2015, menurut The Times.

Beberapa tempat yang dinamai pahlawan Ukrania sebelumnya, namun kini pada sebuah Jalan Lenin di Zakarpattia, wilayah barat, dinamai menjadi Lennon Street sebagai penghormatan kepada The Beatles.

Volodymyr Viatrovych, direktur Institute of National Remembrance, memastikan, setiap patung Lenin telah dipindahkan bersamaan dengan 1.069 monumen Soviet lainnya.

Terlepas dari kebijakan tersebut, relik Komunis masih berada di bagian timur Ukraina yang dikendalikan oleh pasukan yang didukung Kremlin.

KEYWORD :

Ukrania Patung Lenin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :