Kamis, 25/04/2024 08:11 WIB

GPN Jadi Wahana Gelorakan Asian Games 2018

Sebelum Gowes dimulai, dilakukan penyerahan tanah dan air dari Kabupaten Purwakarta yang diambil dari sumber yang sama di Kecamatan Plered. 

Gowes Pesona Nusantara di Purwakarta

Purwakarta - Semangat HUT Kemerdekaan HUT ke-72 terlihat mewarnai kegiatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang berlangsung di Lapang Sehate, Kota Purwakarta, Jawa Barat. Minggu (20/8). Kegiatan ini menjadi sangat istimewa, karena secara kebetulan Kabupaten Purwakarta tepatnya Kota Purwakarta menjadi kota ke-72 dari 90 kabupaten/Kota yang dilalui kegiatan nasional GPN 2017 ini.

Wakil Bupati Purwakarta Dadan Koswara  dalam sambutannya mewakili Bupati Dedi Mulyadi mengatakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Kabupaten Purwakarta dipercaya menjadi tempat yang disinggahi GPN 2017 ini. Dengan GPN , pihaknya juga mengajak segenap masyarakat Purwakarta mendukung hajatan nasional penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang.

“Sukses olahraga nasional tentunya juga sukses menjadi tua rumah Asian Games XVIII tahun 2018," ujar Dadan, yang didampingi Kadisporaparbud Kabupaten Purwarta Agus Hasan S.

Kegiatan GPN etape ke-72 di Kabupaten Purwakarta berlangsung meriah, 2000 lebih peserta memadati Lapang Sehate, sejak pagi hari. Peserta yang terdiri dari masyarakat umum, klub sepeda serta komunitas  bersepeda  di Kabupaten Purwakarta. Mulai anak-anak hingga manula tampak bersemangat mengikuti acara ini hingga selesai.

Sebelumnya acara GPN dimulai, dilakukan penyerahan tanah dan air dari Kabupaten Purwakarta yang diambil dari sumber yang sama di Kecamatan Plered. Penyerahan tanah dan air dari Kabupaten Purwakarta diserahkan oleh Sekda Kabupaten Purwakarta Drs H Padil Karsoma kepada Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Hamka Hendra Noer.

Ada keistimewaan dengan sumber tanah dan air wilayah Plered. Yaitu terkenal dengan kerajinan gerabah dan keramik  yang produksi tersebar ke penjuru tanah air bahkan telah menembus pasar internasional.

Tanah dari wilayah Plered memiliki keunggulan yang memliiki kerekatan dan kealotan tinggi. Diharapkan tanah dari Plered ini mampu merekatkan tanah dan air dari wilayah Indonesia lainnya. Begitu juga air yang bersumber dari mata air di perbukitan wilayah Plered yang sudah menyatu dengan tanahnya, mampu bersenyawa dalam kesatuan tanah air Indonesia.

Sementara itu, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora, Hamka Hendra Noer dalam sambutannya mengatakan kegiatan GPN di Kabupaten Purwakarta ini merupakan rangkaian program unggulan Kemenpora yaitu `Ayo Olahraga`. GPN melintasi 90 kabupaten/kota di 34 provinsi di tanah air, yang mengambil start di Kota Sabang Provinsi Aceh dan akan finis di Kota Magelang Jawa Tengah bertepatan dengan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tanggal 9 September 2017 mendatang.

“Dengan GPN ini sekaligus mengajak masyarakat untuk berolahraga. Minimal masyarakat setiap harinya mau bergerak berjalan 1000 langkah,” kata Hamka.

KEYWORD :

Gowes pesona nusantara 2017 Purwakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :