Kamis, 25/04/2024 15:47 WIB

Zidane Jadi Kandidat Terkuat Pelatih Terbaik Dunia

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengumumkan 12 kandidat peraih penghargaan Pelatih Terbaik Dunia 2017.

Zinedine Zidane (Foto: Skysport)

Jakarta - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengumumkan 12 kandidat peraih penghargaan Pelatih Terbaik Dunia 2017. Pelatih anyar, Zinedine Zidane juga masuk menjadi pesaing sederet nama-nama pelatih senior seperti Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

Dalam daftar tersebut pelatih Real Madrid, menjadi kandidat terkuat. Pasalnya dua musim terakhir manajer asal Prancis itu mampu membawa banyak gelar bagi timnya yakni dua gelar Liga Champions, Laliga, Piala Dunia Antar Klub, Super Eropa dan Super Cup.

Namun tentunya Zidane takkan mudah meraih prestasi tersebut lantaran akan bersaing dengan pelatih-pelatih lain yang sukses pada musim lalu, seperti Mourinho yang meraih tiga trofi bersama Manchester United, Antonio Conte yang langsung mempersembahkan titel Premier League untuk Chelsea, dan Loew yang mengantarkan timnas Jerman menjuarai Piala Konfederasi 2017.

Sementara pelatih Leonardo Jardim juga masuk daftar kandidat berkat kesuksesan AS Monaco menjuarai Ligue 1 dan lolos ke semifinal Liga Champions. Begitu juga dengan Massimiliano Allegri, yang kembali memberikan gelar ganda untuk Juventus walaupun gagal di final Liga Champions.

Walau gagal mempersembahkan gelar bagi Manchester City, Guardiola juga masuk nominasi. Hal serupa yang dirasakan manajer Atletico Madrid, Diego Simeone.

Kandidat-kandidat pelatih terbaik dunia 2017 dipilih oleh sebuah panel yang berisi 11 orang legenda sepakbola dunia, yaitu Cafu, Landon Donovan, Enzo Francescoli, Alex Frei, Hidetoshi Nakata, Diego Maradona, Jay Jay Okocha, Carles Puyol, Carlos Valderrama, Edwin van der Sar, dan Ivan Vicelich.

Selain itu mereka juga akan dipilih oleh para kapten tim nasional, para pelatih tim nasional, perwakilan media, dan fans. Masing-masing elemen akan mendapatkan persentase 25 persen dalam penentuan hasil akhir.

Proses voting akan dibuka pada 21 Agustus dan ditutup pada 7 September. FIFA akan mengumumkan tiga kandidat yang jadi finalis pada September mendatang.

Penghargaan Pelatih Terbaik Dunia 2017 akan diberikan dalam acara The Best FIFA Football Awards di London, Inggris, pada 23 Oktober 2017.

Inilah daftar lengkap kandidat pelatih terbaik dunia 2017:

 Zinedine Zidane (Real Madrid)
Massimiliano Allegri (Juventus)
Carlo Ancelotti (Bayer Munchen)
Antonio Conte (Chelsea)
Luis Enrique (Mantan pelatih Barcelona)
Pep Guardiola (Manchester City)
Leonardo Jardim (Monaco)
Joachim Low (Jerman)
Jose Mourinho (Manchester United)
Mauricio Pochettino (Tottenham)
Diego Simeone (Atletico Madrid)
Tite (Brasil)

KEYWORD :

Zinedine Zidane Real Madrid Pelatih Terbaik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :