Kamis, 25/04/2024 14:26 WIB

Paskibraka 2017 Dikukuhkan

Presiden Joko Widodo berharap para Paskibraka mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Menpora Imam Nahrawi saat menyalami Paskibraka 2017

Jakarta -  Sebanyak 68 peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2017 secara resmi dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (15/8) sore. Mereka terdiri dari 34 putra dan 34 putri perwakilan dari seluruh provinsi di Tanah Air. Pengukuhan ini ditandai dengan ikrar yang diucapkan secara bersama.

Sebelum dikukuhkan, mereka mengikuti Diklat Paskibraka di PPPON Kemenpora, Cibubur selama satu bulan penuh. Para Paskibraka ini nantinya akan menunaikan tugas mulia pada upacara detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/8) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Joko Widodo berharap para Paskibraka mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. "Sekarang Paskibraka ini juga dari 34 Provinsi di Indonesia mereka dikumpulkan dan bisa bergaul antar provinsi yang berbeda suku, agama dan inilah hal penting yang akan kita tunjukkan bahwa negara ini majemuk dan beragam hidup damai berdampingan," ujar Presiden.

Presiden juga berharap para Paskibraka dapat menyadari bahwa negara Indonesia majemuk dan beragam hidup dengan damai. "Para Paskibraka harus menyadari itu juga nanti menyampaikan kwpada teman temannya yang lain betapa pentingnya NKRI, betapa pentingnya ideologi Pancasila, betapa pentingnya merawat persaudaraan sebangsa dan setanah air karena memang kita berbeda beda," tambah Presiden, usai meminum kopi khas Kintamani dari Provinsi Bali.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Menpora pun juga berharap para Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab. "Berikutnya mereka harus melaksanakan tugas dengan baik karena detik- detik bersejarah itu akan kita hadapi bersama, jadi 17 Agustus mereka harus menyiapkan lahir dan batin segala niat, tekat dan ikrar harus betul-betul dimaksimalkan," kata Menpora.

Melalui momentum pengukuhan ini pula menteri asal Bangkalan, Madura ini  mengajak para generasi muda berikutnya di seluruh tanah air untuk terus berlatih karena mereka juga sama. "Nantinya seluruh mata akan tertuju kepada para Paskibraka ini termasuk adik-adik Paskibraka yang ada di provinsi, kecamatan, kabupaten, desa mereka sama memiliki sejarah mengibarkan Sang Saka Merah Putih meskipun tempatnya berbeda tetapi semangatnya sama," ujarnya.

"Generasi muda di seluruh tanah air memiliki semangat yang sama mengibarkan Bendera Merah-Putih dan tentu mereka akan menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat," tambah Cak Imam.

Pemimpin Upacara pada Pengukuhan Paskibraka, Audrey Nathania dari Provinsi Banten mengaku bangga dapat mengikuti pengukuhan Paskibraka langsung oleh Presiden. "Bangga sekali dan terharu yang pasti saya senang bisa dikukuhkan bersama dengan teman-teman lain dari seluruh Indonesia dan langsung oleh Bapak Presiden," ucapnya.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga pakibraka 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :