Kamis, 25/04/2024 01:55 WIB

Ternyata Ikan Mas Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Kondisi seperti ini dilalui oleh ikan mas saat musim dingin tiba.

Ilustrasi ikan mas

Jakarta – Tanpa oksigen selama beberapa menit, manusia dan sebagian besar hewan vertebrata akan mati lemas. Namun, tidak demikian dengan ikan mas. Ikan dengan nama ilmiah Cyprinus carpio itu ternyata bisa bertahan di dalam air yang tidak memiliki kandungan oksigen.

Kondisi seperti ini dilalui oleh ikan mas saat musim dingin tiba. Seperti diketahui, musim dingin di Eropa kerap kali menyebabkan sungai-sungai membeku, sehingga banyak hewan air terjebak di balik permukaan air yang berubah menjadi es. Nah, ikan mas mampu bertahan tanpa oksigen selama berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Dari hasil pengamatan ilmuwan di Universitas Oslo dan Liverpool, selama masa ini ikan mengubah asam laktat yang diproduksi secara anaerob menjadi etanol, lalu berdifusi melewati insang yang terisi air untuk menghindari pembentukan asam laktat yang berbahaya bagi tubuhnya. Fenomena ini disebut mirip dengan pembuatan ragi bir.

“Selama waktu mereka di perairan bebas oksigen di kolam tertutup es, ekan mas dapat bertahan selama beberapa bulan dengan konsentrasi alkohol lebih dari 50 mg per 100 mililiter,” ujar Ahli Fisiologi Evolusioner Universitas Liverpool Dr Michael Berenbrink dikutip dari Eurekalert.

“Namun ini masih merupakan situasi yang jauh lebih baik, ketimbang mengonsumsi asam laktat, yang notabene produk metabolik untuk vertebrata, termasuk manusia, saat tidak memiliki oksigen,” tambahnya.

KEYWORD :

Unik Sains Ikan Mas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :