Jum'at, 20/10/2017 03:02 WIB

Inilah Profesi yang akan Hilang di Era Robot

Di Seattle, Amazon, sebuah supermarket sudah tidak membutuhkan kasir manusia.

Robot Humanoid buatan China, Jia Jia menjadi pemandu di bandara

Jakarta – Robot menggantikan manusia sudah bukan barang baru di dunia ini. Sejak penemuan robot-robot pintar, pekerjaan yang sebelumnya dilakoni oleh manusia satu per satu diambil alih oleh robot, lantaran dianggap hemat biaya.

Ya, zaman sudah mulai memasuki era robot. Otomatisasi melalui robot-robot pekerja seolah menjadi ancaman bagi manusia. Seperti dialami oleh Tony Hughes, yang bekerja lebih dari 20 tahun sebagai sopir. Namun, kini pekerjaan mengangkut 20.000 pon barang di jalan tol Florida sudah dijalankan oleh semacam robot otomatis buatan Starsky Robotics.

Sementara itu, di Pennsylvania dan Arizona, Amerika Serikat, sebuah perusahaan otomotif Otto sudah melakukan uji coba taksi tanpa pengemudi (self-driving taxis). Terobosan ini diperkirakan akan mengancam pekerjaan 780.000 sopir taksi dan 3,5 juta pengemudi truk.

“Kami mulai benar-benar berpikir serius soal ini,” kata pengarang buku Rise of the Roboys (Kebangkitan Robot, Red) Martin Ford dikutip dari CBS.

Tidak hanya pekerjaan sopir, menurut Ford, robot juga akan menggantikan pekerjaan di sektor industri, konsultan, hingga tukang masak.

Di Seattle, Amazon, sebuah supermarket sudah tidak membutuhkan kasir manusia. Pembeli yang datang berbelanja cukup masuk ke toko dan mengambil apa yang mereka perlukan. Sensor di kasir akan mendeteksi secara otomatis uang yang akan dipotong dari rekening pembeli.

Kemudian di Zume Pizza, Silicon Valley, terdapat empat robot yang bertugas membuat Pizza. Belakangan, terdengar kabar perusahaan berencana mengganti pekerja manusia yang tersisa dengan robot otomatis.

TAGS : Unik Robot Teknologi




TERPOPULER :

TERKINI

Uni Papua FC Gandeng Soxna Soccer Academi Madrid

Selama berlangsungnya turnamen SOXNA akan melakukan t...

Berikut Metode Baru Mencari Atlet Terbaik

Pelatih panjat tebing dari Belgia, Verhouven akan berbagi...

Pasca Pembubaran PRIMA, Berikut Persiapan Pemerintah dan KONI

Peralihan fungsi Satlak Prima ke KONI Pusat yang terpenti...

Pilkada 2018, PPP Pilih Realistis

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau terlalu ambi...

Komisi III DPR: Biarkan Anjing Menggonggong, Khafilah Berlalu

Munculnya pro-kontra atas pembentukan Densus Tindak Pidan...

Skandal Kendaraan Nissan Kembali Terkuak

Bulan ini, produsen mobil tersebut terpaksa mengumumkan d...