Selasa, 23/04/2024 13:09 WIB

Indonesia Dominasi Gelar Junior Championships 2017

Ajang ini menjadi bagian dari proses regenerasi yang terus didorong oleh PP PBSI.
 
 

Para juara VEJO Junior International Championships 2017

Jakarta – Para pebulutangkis muda  Indonesia berjaya di ajang Victor Exist Jakarta Open (VEJO) Junior Internasional Championships 2017 yang berakhir Minggu (6/8) di Gelanggang Remaja Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dari 14 nomor final yang dipertandingkan, para pebulutangkis Merah Putih menguasai 12 gelar.

Keberhasilan pasangan putri Meta Inayah Cindiani/Indah Cahya Dari Jamil atas unggulan pertama asal Korea Selatan Ha Na Baek/Hyeon Joo Song lewat laga dramatis, memantafkan  dominasi para pemain Indonesia di ajang ini. Pada laga final ganda putri U19 itu,  Meta/Indah menang lewat skor alot 19-21, 21-16 dan 22-20 dalam tempo 1 jam 20 menit.

Selain ganda putri U19,wakil Indonesia yang tampil sebagai juara adalah Dwiki Rafian Restu/Aldira Rizki Putri (ganda campura U17), Komang Ayu Cahya Dewi (ganda putri U17), Putri Larasati/Melani Mamahit (ganda puti U17), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra U17),  Muhammad Ridwanul Arifin/Imam Wirawan (ganda putra U15), Viyanda Bintang Racketa (tunggal putri U15), Kelly Larissa/Shelandry Vyola (ganda putri U15), Silvi Wilandari  (tunggal putri U19), Renaldi Samosir/Hediana Julimarbela (ganda campuran U19), Gatjra Piliang (tunggal putra U19) dan Ghiffari Anandaffa/Ferdian Mahardika (ganda putra U19). Malaysia merebut dua gelar lainnya dikategori tungga putra U15 dan tunggal putra U17.

Ketua Umum PP PBSI yang menghadiri laga final sekaligus menutup kejuaraan ini, mengaku bangga dengan penampilan pemain-pemain muda Indonesia yang mampu meunjukkan prestasi di VEJO Junior Internasional Championships 2017 ini. "Event seperti ini penting, menjadi tolak ukur bagi atlet usia muda, apalagi ada 15 negara yang tampil dan kita bersyukur dengan prestasi yang ditunjukkan pemain muda kita," kata Wiranto usai penutupan.

Menkopolhukam ini menegaskan, ajang ini menjadi bagian dari proses regenerasi yang terus didorong oleh PP PBSI. "Saya terus mendorong pemain junior inu untuk terus maju agar bisa menggantikan pemain senior saat ini. Terimakasih kepada semua pihak, klub, pengurus PBSI dan sponsor yang menggelar kejuaraan ini. Kita ingin kejuaraan yang seperti akan terus dilanjutkan," tambah Wiranto.

Ketua Pengprov PBSI DKI, Alex Tirta juga bangga dengan penampilan para pemain Indonesia yang berjaya di ajang ini. Terutama kepada para pemain PB Exist, klub yang diasuhnya, karena mampu menyumbang lima emas di event tersebut. “Meski baru berdiri beberapa tahun, pemain muda PB Exist sudah menunjukkan prestasi yang membanggakan,” tuturnya usai mendampingi Wiranto.

VEJO  Junior Internasional Championships 2017 mempertandingkan tiga kategori  usia. Yaitu U15 (Pemula) yang mempertandingkan empat nomor, U17 (Remaja) dan  U19 (Taruna) yang masing-masing melombakan lima nomor yaitu tunggal dan ganda putra, tunggal dan ganda putri serta ganda campuran.  Pada katagori U15 & U17 akan mendapat point ranking dari Konfederasi Badminton Asia (BAC).

 

Ajang ini diikuti 807 atlet Junior terbaik dari 15 negara. Ke-15 negara yang menyertakan atletnya antara lain Malaysia, Filipina, India, Thailand, Singapura, Jepang, Vietnam, China Taipei, Czek, Kanada, Inggris, Prancis, Irlandia dan Korea serta tuan rumah Indonesia. VEJO  Junior Internasional Championships merupakan perhelatan kali kedua dan mengalami peningkatan peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

KEYWORD :

Bulutangkis Jakarta Open Junior Internasional Championships 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :