Selasa, 20/11/2018 05:14 WIB

Begini Cara Mengurangi Kecanduan Ponsel

Tantangan ini juga bisa mengubah kebiasaan kamu terhadap ponsel selama setahun ke depan.

Ilustrasi kecanduan ponsel (foto: Jurnas)

Jakarta – Tak bisa dipungkiri keberadaan sosial media dapat menghubungkan setiap orang di seluruh penjuru dunia, hanya dengan segenggam ponsel di tangan. Ini dampak positifnya. Dampak negatifnya, tentu saja dampak kemajuan teknologi ini membuat sebagian besar orang mengalami kecanduan ponsel, lantaran tidak ingin ketinggalan berita, atau sering kita sebut kudet.

Nah, bagaimana menyikapi efek kecanduan ini? Sebuah penelitian di Swiss menemukan bahwa kamu bisa mengurangi kecanduan terhadap ponsel, melalui tantangan Do Not Disturb (Do Not Disturb Challenge, Red). Kabar baiknya, tantangan ini juga bisa mengubah kebiasaan kamu terhadap ponsel selama setahun ke depan.

Dalam tantangan sekaligus penelitian tersebut, Martin Pielot dari perusahaan telekomunikasi Telefonica Spanyol dan Luz Rello dari Universitas Carnegie Mellon awalnya meminta 30 peserta menon-aktifkan pemberitahuan ponsel mereka selama satu minggu. Namun, tantangan ini ditanggapi negatif.

“Kami hanya melihat tatapan kosong dan mengerikan. Akhirnya kami kembali pada tantangan 24 jam,” kata Pielot dikutip dari Science Alert.

Kemudian, selama penelitian berlangsung, hasilnya bervariasi. Sebagian merasa biasa saja ketika diminta tidak melihat ponsel. Sebagian lainnya merasa tertekan dan stres karena berpikir harus membalas pesan dari teman, bos, hingga rekan kerja di ponsel mereka.

Namun, secara umum dari 30 peserta, sebagian besar merasa rileks, tidak terganggu, dan cenderung lebih produktif setelah mematikan pemberitahuan ponsel selama sehari.

Peneliti mencatat dua faktor yang mengakibatkan seseorang kecanduan, yakni merasa stres karena terganggu oleh pemberitahuan (notifikasi) yang masuk ke ponsel, kemudian perasaan stres karena khawatir kehilangan sesuatu yang penting, atau kabar dari orang lain.

Setelah tantangan Do Not Disturb selesai, sebanyak 22 peserta memutuskan untuk mengubah pengaturan notifikasi ponsel mereka. Setahun kemudian, 13 di antaranya ternyata tetap konsisten dengan keputusan tersebut.

Meskipun tidak memberi jaminan, tidak ada salahnya kamu mempraktikkan cara ini untuk menghilangkan kecanduan ponsel. Selain boros kuota, mantengin ponsel terus-menerus akan mengganggu aktivitas harianmu.

TAGS : Tips Gaya Hidup Kecanduan Ponsel




TERPOPULER :