Kamis, 18/04/2024 20:01 WIB

INTERNASIONAL

Promosikan Alkohol via Media Sosial, Tiga Model Ini Ditangkap

Pihak kepolisian Thailand pada Rabu (03/08) lalu menangkap tiga bar hostes karena telah mempromosikan alkohol di siaran langsung Facebook

Ketiga model Thailand yang dituntut karena promosi alkohol (Foto: Assiancorrespondent)

Sarubari - Pihak kepolisian Thailand pada Rabu (03/08) lalu menangkap tiga bar hostes, karena telah mempromosikan alkohol di siaran langsung Facebook. Karena perbuatannya itu, mereka menghdapi denda hingga THB 500 ribu atau sekitar Rp210 juta.

Penangkapan tersebut terjadi setelah tindakan kontroversial model itu untuk mendorong orang-orang untuk minum alkohol, dan pihak berwenang baru-baru ini berjanji untuk menghentikan setiap orang yang mencela hukum mereka dengan mempromosikan alkohol di media sosial.

"Ya, ini adalah bagian dari kebijakan baru tersebut, kami telah melihat videonya, dan ini jelas melanggar hukum, jadi kami segera mengambil tindakan," ujar komandan polisi Saraburi, Chairat Thipchan.

Tiga model yang ditangkap adalah, Janjira Jansakha, Nanthida Punyamanote, dan Nantarka Puekliang, ketiganya dikenal sebagai wanita bar, yakni wanita yang dipekerjakan untuk mengiklankan merk alkohol di berbagai tempat dan acara.

Chairat mengatakan pihaknya menemukan video live Facebook yang menunjukkan ketiganya sedang berada di bar bernama Bar Cony. Dalam klip itu salah satu model terlihat mempromosikan alkohol dengan mengatakan, "beli satu, dapat satu gratis".

"Anda bisa datang dan membuat kita mabuk, kami ingin mabk," ujar yang model lainnya. Chairat mengatakan bahwa melakukan penawaran diskon dan bentuk promosi alkohol lainnya, bertentangan dengan UUD alkohol 2008 lalu, yang melarang untuk "mendorong orang lain untuk minum".

"Kami sedang menyelidiki apakah pemilik bar juga bersalah," kata Chairat, "yang pasti ketiga model itu jelas bersalah." Kaget dengan tindakan hukum polisi terhadap tiga staffnya, pemilik bar mengatakan akan membantu ketiga pekerjanya membayar denda tersebut, jika mereka dinyatakan bersalah.

Bulan kemarin, pihak berwenang Thailand telah memperingatkan warganya yang mempromosikan alkohol, dan menyatakan akan memonitor tindakan-tindakan itu di media sosial. Beberapa selebriti dan penyanyi juga telah menerima tuntutan karena berpose dengan minuman beralkohol, dalam foto yang diposting di akun media sosial mereka.

 

KEYWORD :

Internasional Thailand Kebijakan Alkohol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :