Jum'at, 26/04/2024 05:57 WIB

Jatim Juara Umum Kejurnas Catur 2017

Di nomor bergengsi senior putra terbuka, FM Novendra Priasmoro asal DKI Jakarta tampil sebagai juara.

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto (ketiga dari kanan) bersama Pembina Catur Eka Putra Wirya (paling kiri) berfoto bersama para juara kelas wanita Kejurnas Catur 2017

Bogor – Jawa Timur (Jatim) tampil sebagai juara umum Kejurnas Catur 2017 yang berakhir Jumat  (21/7) malam di Bogor, Jawa Barat. Dengan torehan 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu, Jatim mengungguli Jawa Barat diposisi kedua dengan 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Sementara DKI Jakarta berada di peringkat ketiga dengaan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan Bali berada di papan tengan peringkat 4 sampai 6 pada Kejurnas edisi ke 41 yang diikuti 31 provinsi ini. “Para peserta yang juara akan kami kirim ke turnamen luar negeri, sesuai dengan kelasnya masing-masing,” kata Ketua Umum PB Percasi yang baru saja terpilih secara aklamasi, Utut Adianto saat menutup Kejurnas.

Kejurnas catur mempertandingkan berbagai nomor mulai kelompok umur, yunior dan senior putra dan putri hingga nomor veteran. Keberhasila  Jatim tampil sebagai juara umum diantaranya berkat raihan emas dan perak di kelas wanita. Aay Aisyah Anisa dan Nadya Anggraini mampu mempersembahkan emas, sementara perunggu diraih Khadijah Qurrotain dari DKI.

Di nomor bergengsi senior putra terbuka, FM Novendra Priasmoro asal DKI Jakarta tampil sebagai juara setelah memimpin dengan mengumpulkan 8,5 poin. Novendra memastikan juara setelah pada dua babak terakhir meraih sekali menang dan sekali remis, sehingga secara total 10 babak pertandingan dia memimpin dengan mengumpulkan 8,5 poin.

Pada pertandingan babak sembilan, Novendra mampu mengalahkan senior dia yang juga unggulan pertama GM Susanto Megaranto (Jabar), dan pada babak terakhir 10 bermain remis melawan Yoseph T Taher (PB). "Tentu saja saya sangat senang dengan kemenangan ini," kata Novendra yang juga pernah mempersembahkan medali emas bagi DKI Jakarta pada PON 2016 di Bandung.

Sementara itu pecatur Jabar yang sempat memimpin klasemen sementara FM Anjas Novita harus puas di posis kedua dengan mengumpulkan total 8 poin. Sedangkan pecatur nomor satu Indonesia GM Susanto Megaranto berada di urutan ketiga dengan 7,5 poin.

KEYWORD :

Catur kejurnas catur percasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :