Sabtu, 20/04/2024 17:51 WIB

Menteri PUPR: Arus Mudik Tahun Ini Lebih Baik

Basuki Hadimuljono menilai arus mudik tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jakarta – Meskipun belum melakukan evaluasi dengan Kementerian Perhubungan dan Polri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai arus mudik tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu.

“Secara umum, dari segi prasarana jalan dengan adanya tambahan ruas tol darurat sepanjang 337 Km di Pulau Jawa dan 65 Km di Pulau Sumatera serta kondisi jalan nasional yang mantap dan dapat dilaluinya empat flyover di Jawa Tengah, arus mudik tahun ini relatif lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata Menteri Basuki, Senin (3/7) di Jakarta.

Keempat flyover perlintasan kereta tersebut yakni Klonengan, Dermoleng, Kretek, dan Kesambi yang berada pada ruas jalan Tegal - Purwokerto yang menghubungkan jalur Pantura melalui lintas tengah menuju ke jalan lintas selatan Jawa.

Pada mudik lebaran tahun lalu, untuk melintasi keempat perlintasan kereta tersebut dengan jarak 60 Km, dibutuhkan waktu hingga 14-16 jam, namun dengan berfungsinya keempat flyover pada mudik lebaran tahun ini, waktu tempuh menjadi hanya sekitar 5-6 jam saja.

Menteri Basuki juga akan mengkaji rencana pembangunan jalan layang baru lainnya, yang bertujuan memperlancar arus mudik pada tahun depan, di antaranya adalah jalan layang Nagreg dan Limbangan.

Sementara ruas tol darurat trans Jawa dari Brebes Timur hingga Gringsing sepanjang 110 Km, yang digunakan pada arus mudik tahun ini, penyelesaiannya akan segera dilakukan sehingga pada lebaran 2018 sudah dapat dilalui dengan konstruksi yang lebih baik. 

“Kita akan mulai mempercepat pengerjaan pada pekan depan, kita genjot lagi supaya tol darurat segera selesai, untuk mendukung mudik lebaran 2018 sehingga pelaksanaanya lebih baik lagi," tandasnya.

KEYWORD :

Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono Mudik 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :