Jum'at, 26/04/2024 03:46 WIB

Arus Balik Lebaran, Polisi Siagakan Operasi Preman di Terminal Kalideres

Selama arus balik, pihak keamanan akan memantau tidak hanya bagian dalam tetapi juga wilayah luar terminal.

Penumpang di terminal Kalideres, Jakarta

Jakarta - Kepolisian akan menggelar operasi terpadu menjaring preman di sekitar kawasan terminal Kalideres, Jakarta untuk pengamanan terpadu selama arus balik Lebaran yang diprediksi pada akhir pekan ini.

Hal itu dikemukakan Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) AKP Markus di Terminal Kalideres, Jakarta. "Untuk mengantisipasi banyaknya penumpang yang tiba selama arus balik, pihak pengamanan akan menggelar operasi menjaring preman di kawasan terminal," katanya.

"Banyak penumpang tiba dari kampung, terkadang membawa sanak keluarganya. Mereka dianggap tidak tahu situasi di kota, dan ketidaktahuan itu yang kerap dimanfaatkan oleh para preman," ujar Markus.

Sejak sepekan sebelum lebaran hingga saat ini, AKP Markus mengatakan, belum ada laporan terkait tindak pidana dan aksi kriminalitas lain yang diterima pos pengamanan.Namun, pengamanan tetap disiagakan.

"Personil gabungan terus bekerja 24 jam, khususnya dari dinas perhubungan, koramil, sentra komunikasi (senkom), anggota pramuka, dinas pemadam kebakaran, dan dinas kesehatan," ujarnya.

Dikatakannya lagi, satuan tugas dari kepolisian sendiri juga dibantu oleh anggota brimob Polda Metro Jaya, intel, dan satuan reserse kriminal. "Jumlahnya khusus dari kepolisian ada 27 personil untuk hari ini, dan pos pengamanan ini akan terus siaga sampai H+15 lebaran," kata Markus.

Selama arus balik, pihak keamanan akan memantau tidak hanya bagian dalam tetapi juga wilayah luar terminal. "Situasi arus mudik berbeda dengan arus balik. Saat arus balik banyak penumpang turun di luar terminal. Personil akan ditempatkan di luar demi mengantisipasi kemacetan, mencegah kecelakaan lalu lintas, dan aksi kriminalitas lainnya," kata Markus.

 

KEYWORD :

Arus Balik Lebaran Terminal Kalideres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :