Kamis, 25/04/2024 14:54 WIB

Australia dan AS Latihan Gabungan Terbesar

Latihan gabungan itu, diduga dilakukan saat ketegangan muncul akibat sikap tegas China, terutama dalam kegiatan di Laut China Selatan.

Tentara Amerika Serikat

Sydney - Australia dan Amerika Serikat mulai latihan militer gabungan terbesar, hari ini. Keduanya melakukan manuver  kekuatan yang sebagian besar dilakukan di laut. Latihan ini  melibatkan 33.000 personel tentara AS dan pasukan kapal perang dengan jet tempur Australia.

Latihan gabungan itu, diduga dilakukan saat ketegangan muncul akibat sikap tegas China, terutama dalam kegiatan di Laut China Selatan yang disengketakan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan munculnya konfrontasi.

Terkait adanya pemikiran China terhadap latihan terbesar itu, Laksamana Harry Harris, panglima Komando Pasifik AS mengatakan bahwa ukuran penyebarannya dimaksudkan sebagai isyarat.

"Saya senang dengan pesan yang dikirimkan teman-teman kita, sekutu, mitra dan musuh potensial," kata Harris kepada wartawan di atas kapal USS Bonhomme Richard.

Hubungan antara Amerika Serikat dan China memburuk beberapa bulan belakangan, ketika Amerika Serikat berusaha untuk melawan sikap tegas China di Pasifik yang mendirikan sejumlah bangunan pada pulau buatan Beijing di Laut China Selatan.

China mengakui sebagian besar wilayah Laut China Selatan kaya sumber daya alam itu sebagai miliknya, yang dapat menghasilkan sekitar 5 triliun dolar AS dari kapal-kapal perdagangan yang melintas setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan juga mengakui sebagian jalur perairan itu sebagai milik mereka. (Reuters/Ant)

KEYWORD :

Amerika Serikat Australia Latihan Militer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :