Jum'at, 21/09/2018 00:27 WIB

INTERNASIONAL

Iran Tahan 50 Orang Diduga Terkait ISIS

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan penangkapan itu akan meningkatkan kebencian terhadap Arab Saudi.

Kelompok ISIS

Dubai - Aparat keamanan Iran menahan sedikit 50 orang yang dicurigai memiliki hubungan dengan kelompok petempur Negara Islam (ISIS)  di provinsi barat. Menurut Jaksa setempat, tindakan sebagai rangkaian  penangkapan menyusul serangan senjata dan bom kembar di Teheran.

Penangkapan dilakukan beberapa hari setelah Garda Revolusi Iran menembakkan peluru kendali dari Iran barat ke Suriah bagian timur, yang ditujukan ke sarang IS, yang mengaku bertanggung jawab atas serangan pada 7 Juni di ibu kota, Teheran, yang menewaskan 18 orang.

"Sejak serangan teroris di Teheran, lebih dari 50 pendukung dan unsur terkait dengan kelompok teror ditangkap di provinsi Kermanshah," kata jaksa provinsi,  Nemat Sadeqi dilansir IRNA.

Dikatakan Sadeqi lagi, "sejumlah besar sabuk bunuh diri, pemicu elektronik dan senjata disita dari tahanan itu."

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan penangkapan itu akan meningkatkan kebencian terhadap Arab Saudi, kekuatan Sunni utama di kawasan, dan Amerika Serikat.

Rangkaian serangan itu muncul tak lama setelah Arab Saudi dan kekuatan Sunni lain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, atas tuduhan bahwa Qatar mendukung Teheran dan kelompok garis keras.

TAGS : Krisis Irak Iran ISIS




TERPOPULER :