Kamis, 25/04/2024 03:17 WIB

Soal Full Day School, Cak Imin Minta NU dan Muhammadiyah Segera Bertemu

Cak Imin juga mengutarakan harapannya agar Presiden Joko Widodo dapat menyelesaikan persoalan FDS tersebut dengan langkah kebijakan yang sebaik-baiknya.

Muhaimin Iskandar

Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menginginkan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah segera berembuk dalam mencari solusi terbaik guna menyelesaikan persoalan sekolah seharian penuh (full day school).

"Usulan saya sederhana, NU dan Muhammadiyah harus secepatnya bertemu mencari solusi terbaik untuk umat Islam Indonesia," kata Muhaimin Iskandar dalam siaran pers, Sabtu (24/06).

Menurut Cak Imin, demikian ia disebut, untuk menghindari perpecahan maka secepatnyalah pertemuan antara NU dan Muhammadiyah dapat dilaksanakan.

Ia tidak ingin melihat persoalan pelaksanaan FDS ini justru diselesaikan secara "kucing-kucingan".

Cak Imin juga mengutarakan harapannya agar Presiden Joko Widodo dapat menyelesaikan persoalan FDS tersebut dengan langkah kebijakan yang sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyambut baik rencana pemerintah menyempurnakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai FDS.

"Katanya kan mau disempurnakan, biarkan saja tidak apa disempurnakan dulu," katanya seusai menyosialisasikan empat pilar MPR RI di Depok, Jawa Barat, Selasa (20/6).

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan program FDS tidak dibatalkan namun dikaji terlebih dahuli agar lebih baik.

"Semua langkah langkah yang melibatkan jutaan orang, seperti ini kan melibatkan 50 juta siswa seperti ini perlu pengkajian yang baik," kata Jusuf Kalla usai menghadiri acara buka bersama Presiden Joko Widodo dengan anggota Polri di Jakarta, Selasa (20/6).

Wapres menegaskan bukan berarti programnya dihilangkan tapi dikaji dulu mana yang terbaik dan diambil cara-cara apa saja.

Sedangkan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Sa`adi meminta polemik soal FDS jangan menjadi pemicu benturan dua ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Kami berharap setelah diumumkan Ketua Umum MUI soal itu, semua harus menurunkan tensi baik dari Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah," kata Zainut di Jakarta, Selasa (20/6).

KEYWORD :

Full Day School Cak Imin NU Muhammadiyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :