Jum'at, 26/04/2024 05:50 WIB

KPOP

EXO-L Indonesia Berbagi Berkah Ramadhan

Biasanya fans grup idol Kpop selalu mengadakan proyek-proyek untuk memberikan dukungan kepada para idola kesayangannya

EXO-L Yogyakarta berkumpul untuk bagikan nasi dalam rangka #suhoramadhanproject (Foto: Sayasti)

Jakarta - Biasanya fans grup idol Kpop selalu mengadakan proyek-proyek untuk memberikan dukungan, kepada para idola kesayangannya. EXO-L adalah salah satu fandom yang terkenal sering melakukan banyak proyek untuk mendukung EXO. Biasanya proyek dilakukan dengan memasang iklan di banner atau bahkan billboard.

"Biasanya exo-l internasional proyeknya mewah-mewah seperti pembelian pulau untuk ulang tahun Sehun, adopsi hewan dibawah nama member EXO dan banyak lainnya," ujar Sayasti.

Terkadang, uang yang dihabiskan untuk proyek-proyek tersebut tidak terbilang sedikit. Banyak yang bahkan mencela kegiatan itu, karena dianggap terlalu menghambur-hamburkan uang.

Karena terinspirasi dari hal itu, EXO-L Ina mencoba untuk menggabungkan dua konsep, yang pertama memberikan dukungan untuk grup idola kesayangan, sekaligus memberikan kontribusi pada manusia lainnya.

Beberapa waktu lalu, dalam rangka merayakan ulang tahun leader EXO, Suho. EXO-L Ina melakukan proyek yang dinamakan #suhoramadhanproject.

Dalam proyek tersebut, EXO-L dari tiga kota, Yogyakarta, Karanwang dan Jakarta memutuskan untuk membagikan 1000 nasi bagi orang-orang yang membutuhkan.

"Awalnya kita akan buat proyek #berbagimukena, karena ada beberapa pertimbangan lain, kita ubah jadi #berbaginasi," ujar salah satu kordinator #suhoramadhanproject Yogyakarta, Sayasti. "Target awal memang berbagi 1000 nasi di 5 kota, termasuk Makassar dan Bandung, karena ada halangan jadi bisanya hanya di 3 kota itu," tambahnya.

Partisipannya pun menurut Sayasti tidak terbatas, seluruh exo-l yang ada di berbagai daerah, dapat turut berpartisipasi dalam proyek-proyek tersebut. Partisipan ternyata tidak hanya berasal dari exo-l Indonesia saja, "banyak teman-teman exo-l dari Singapura dan Malaysia yang juga turut berpartisipasi," jelas Sayasti.

"Untuk pendanaan, seluruhnya murni dari sumbangan para exo-l," tutur Sayasti. "Jadi sudah disediakan 1 rekening untuk menampung sumbangan-sumbangan dari para exo-l," jelas Sayasti ketika ditanya soal pendanaan kegiatan-kegiatan ini.

Ternyata #suhoramadhanproject bukanlah kegiatan pertama yang dilakukan oleh exo-l Ina, sebelumnya sudah banyak proyek yang terealisasi, seperti pembangunan masjid di NTT untuk #EXO5thANNIVERSARYPROJECT, kemudian bantuan pembangunan sekolah untuk merayakan ulang tahun Baekhyun yang dinamakan #BAEKHYUNBIRTHDAYPROJECT .

KEYWORD :

Kpop EXO Exo-l Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :