Sabtu, 20/04/2024 19:05 WIB

Sidang Isbat Awal Syawal Digelar Sore Ini

Adapun proses sidang isbat dijadwalkan berlangsung selepas Salat Maghrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (foto: Jurnas)

Jakarta – Sidang penetapan (isbat) awal Syawal 1438 H digelar Sabtu (24/6) sore oleh Kementerian Agama (Kemenag), melalui Ditjen Bimas Islam. Menag Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang tersebut, bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Maruf Amin, dan Ketua Komisi VIII Ali Taher.

“Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juni 2017 di Auditorium HM. Rasyidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin di Jakarta, Jumat (23/6) lewat siaran pers.

Sementara sidang kali ini akan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, Mahakamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Fakal dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag RI.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” ujar Thambrin.

Sebagaimana sidang isbat awal Ramadan lalu, proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali oleh pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang Syawal 1438 H. Adapun proses sidang isbat dijadwalkan berlangsung selepas Salat Maghrib, setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

KEYWORD :

Sidang Isbat Kemenag Menteri Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :