Sabtu, 20/04/2024 14:45 WIB

Polri Imbau Pemudik Tak Pakai Sepeda Motor, Ini Alasannya

Polri mengimbau agar para pemudik tak menggunakan sepeda motor saat mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di daerah Lamaran, Karawang, Jawa Barat.

Jakarta - Polri mengimbau agar para pemudik tak menggunakan sepeda motor saat mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan, imbauan itu disampaikan lantaran kecelakaan sepeda motor cukup tinggi saat arus mudik dan balik.

"Karena jumlah dari pada kecelakaan setiap tahun itu diakibatkan korbannya pengendara roda dua hampir 80 persen," kata Syafruddin, saat meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/6).

Jika pemudik ingin membawa sepeda motor, disarankan Syafruddin, lebih baik menitipkannya dengan jasa kereta api atau kapal laut. Apalagi, sambung Syafruddin, ada sejumlah program kirim motor gratis.

"Kalau mau menggunakan roda dua silahkan dititipkan dan diangkut, ada angkutan gratis menggunakan kereta api atau kapal," terang Syafruddin.

Pada kesempatan ini Syafruddin mengungkapkan ada delapan titik krusial pada musim arus mudik lebaran 2017. Titik krusial tersebut tersebar di sejumlah wilayah, baik di Pulau Jawa dan Bali.

"Ada sekitar delapan titik krusial diantaranya di Cikopo, Merak, Brexit dan Kaligangsa, Ketapang, Nagrek, kemudian Gilimanuk dan Bakauheni," ujarnya. [mes]

KEYWORD :

Arus Mudik Polri Edisi Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :