Rabu, 24/04/2024 18:04 WIB

INTERNASIONAL

Orang Kepercayaan Mantan Presiden Korsel Dihukum Penjara

Choi Soon Sil orang kepercayaan mantan Presiden Korea Selatan Park Geun Hye pada Jum`at ini resmi memperoleh hukuman tiga tahun penjara

Choi Soon Sil

Seoul - Choi Soon Sil, orang kepercayaan mantan Presiden Korea Selatan Park Geun Hye, pada Jum`at ini resmi memperoleh hukuman tiga tahun penjara, atas kasus korupsi yang menjerat dirinya dan anak perempuannya.

Pengadilan Tinggi Seoul, memutuskan untuk menjatuhi hukuman 3 tahun penjara pada Choi, setelah ia meminta bantuan untuk memasukkan putrinya ke perguruan tinggi ternama, dan karena meminta agar sang anak dapat memperoleh nilai yang bagus.

Menurut laporan yang dihimpun Xinhua, ini hanyalah satu dari beberapa kasus yang melibatkan Choi dan mantan Presiden Korsel. Kasus lain masih berada dalam proses hukum.

TIga pejabat perguruan tinggi lainnya, termasuk diantaranya Mantan Kepala Universitas Womans Ewha Seoul, dijatuhi hukuman penjara satu setengan tahun dan dua tahun penjara.

Choi terlibat dalam skandal korupsi, yang menyebabkan digulingkannya Park dari jabatan Presiden. Jaksa menyatakan Choi dan Park sebagai kaki tangan kriminal.

Choi diduga memeras jutaan dollar dari banyak konglomerat negeri ginseng itu, dengan imbalan bantuan bisnis bagi perusahaan-perusahaan para konglomerat itu.

Teman dekat mantan Presiden Park ini, juga didakwa telah melakukan intervensi dalam urusan-urusan pemerintahan. Hal inilah yang memicu banyak warga Korsel turun ke jalan, dan meminta Park dipecat dari jabatannya sebagai presiden.

KEYWORD :

Korea Selatan Choi Soon Sil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :