Sabtu, 20/04/2024 01:55 WIB

PIlkada Kota Palembang

Survei Stratakindo: Syahrial Berkibar, Deru Stag, Aswari Terjun Bebas

Survei Pilawakot Palembang

Palembang - Perhelatan Pilgub Sumsel dan Pilwako Palembang 2018 akan digelar setahun mendatang namun para bakal calon tampak sudah bergerilya di darat dan udara.

Kondisi ini membawa suasana menjadi semarak, hanya saja yang kurang dari hingar bingar pesta demokrasi ini adalah pertarungan ide, gagasan, program dan solusi atas problematika pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Demikian disampaikan peneliti Asep Shofa Milla dari kantor lembaga surveiStratakindo Research & Consulting saat rilis survei di Palembang, Kamis (22/6)

Asep menjelaskan temuan survei lembaganya bahwa persoalan yang mendesak untuk diselesaikan oleh gubernur baru adalah persoalan harga jual hasil pertanian dan infrastruktur jalan di daerah-daerah.

"Responden menyatakan kekesalan yang tajam atas kondisi jalan lingkungan, permukiman dan daerah," ujarnya.

Temuan yang muncul dari survei Bulan Juni 2017 Stratakindo adalah adanya peningkatan potensi keterpilihan pada figur Syahrial Oesman. Peningkatan ini sangat mencolok di tengah terjadinya stagnansi pada Herman Deru dan Ishak Mekki serta penurunan elektabilitas pada pada Aswari Riva`i, ketua Gerindra Sumsel ini terjun bebas elektabilitasnya dari kelompok tengah ke kelompok bawah.

"Dapat disimpulkan bahwa Pilkada Sumsel akan berlangsung seru. Herman Deru akan bertarung ketat dengan Syahrial Oesman, sementara Dodi Reza Alex, jika ternyata terjun dalam kontestasi, akan jadi kuda hitam. Memilih pasangan akan menjadi taruhan awal, sementara pertarungan program akan jadi penentu kemenangan," demikian pungkasnya.

Sementara untuk Pilwako Palembang 2018, Octarina Soebardjo peneliti Stratakindo yang lain menyampaikan banyaknya keluhan responden yaitu masalah infrastruktur khususnya soal jalan rusak berlubang, berdebu dan kemacetan. Kemudian soal pelayanan masyarakat yang lambat dan masih ada pungli, kemudian soal sampah dan banjir. Terakhir adalah soal keamananan dan kenyamanan serta fasilitas publik yang minim sarana penunjang khususnya wifi.

Temuan paling menarik dari survei Stratakindo adalah peluang incumbent untuk terpilih kembali ternyata kecil.

"Responden yang tidak menginginkan kembali incumbent memimpin Kota Palembang lebih besar dari yang menginginkan. Peluang challanger atau penantang sangat besar untuk mengalahkan incumbent. Melihat survei kami Bulan Juni 2018 ini, kemungkinan Palembang akan punya walikota baru sangat besar," demikian ujarnya

KEYWORD :

Pilwakot palembang survei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :