Rabu, 17/04/2024 00:09 WIB

Cara Membantu Kecerdasan Anak

Berbicara kepada anak Anda dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Anda.

Ilustrasi Anak

Jakarta - Untuk membantu proses pencerdasan anak, banyak cara yang dilakukan orang tua. Para pengamat mengatakan bahwa masa kecil anak sangat penting dalam pengembangan intelektual. Karena tahap itu otak berkembang paling cepat, sehingga tingkat kecerdasan dipengaruhi bagaimana masa kecilnya.

Berikut adalah beberapa saran oleh ilmu pengetahuan dan pengamatan oleh para ahli anak untuk membantu pertumbuhan intelektual anak dan membantunya tumbuh cerdas, sebagaimana dilansir pada Raises Kid;

Berikan anak Anda pembelajaran lebih awal
Menurut studi oleh Ronald Ferguson, direktur Prestasi Gap Initiative di Harvard University, memberikan pelajaran kepada anak harus dimulai sejak dalam buaian. Dia merekomendasikan kegiatan yang dapat Anda lakukan demi pembelajaran anak Anda memaksimalkan respon penuh kasih dan meminimalkan stres, berbicara, bernyanyi dan mengenalkan sesuatu padanya, dll.

Bacakan buku
Mulailah untuk membacakan buku padanya, walaupun ia belum memahami kata-kata. Ini akan membantu anak Anda dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Anak-anak yang sudah sering membaca ketika muda lebih mungkin untuk mengembangkan minat bacanya seumur hidup, baik di sekolah, maupun di tempat lainnya, serta akan berhasil dalam kehidupannya, karena membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam membuat anak cerdas.

Ajak bicara
Berbicara kepada anak Anda dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Anda. Juga cobalah untuk mendengarkan anak Anda ketika ia berbicara, karena hal ini akan membuatnya terampil dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain.

Ikut berinteraksi
Cobalah untuk berinteraksi dengan anak Anda seperti bermain dengannya, belajar bersama dan buat dia merasa dicintai. Para ilmuwan mengamati bayi yang tidak dipeluk, tidak bermain bersama orang tuanya dan tidak dicintai mengalami hambatan dalam pertumbuhan otak. Mereka juga mengamati bayi yang tidak diberikan perhatian oleh orang tuanya cenderung akan gagal dalam pertumbuhan, mengalami stress dan akhirnya meninggal. Di sisi lain, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mencintai, memeluk, berinteraksi dan bermain dengan anak Anda memiliki efek yang kuat pada pengembangan kecerdasannya. Koneksi yang penuh kasih yang terbentuk antara Anda dan anak memberikan dasar untuk keterampilan berpikir yang lebih tinggi.

Tumbuhkan kreativitasnya
Kreativitas merupakan karakteristik mental yang dihargai dalam seni, ilmu pengetahuan, dan setiap masalah yang melibatkan pemecahan secara keseluruhan. Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan kreativitas anak Anda dengan memperkenalkannya dengan dunia seni, sastra, musik dan membiarkannya melakukan hal-hal positif yang ingin anak Anda lakukan. Hal ini akan membuatnya menjadi anak yang lebih kreatif.

Biarkan anak bermain
Anda harus membiarkan anak Anda untuk bermain, karena ketika anak Anda memainkan sesuatu, pada dasarnya dia sedang menciptakan dasar untuk keterampilan intelektual, sosial, fisik dan emosionalnya. Ketika dia bermain dengan anak-anak lainnya, ia belajar untuk menggabungkan ide-ide, kesan dan perasaan dengan pengalaman anak-anak lainnya.

Dorong anak Anda untuk berolahraga
Latihan fisik tidak hanya membuat anak Anda kuat, tetapi juga membuat anak Anda cerdas. Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan membangun sel-sel otak baru. Sehingga ketika anak Anda sering berolahraga, maka dia tidak hanya akan sehat secara fisik namun nantinya dia juga akan menjadi anak yang cerdas.[]

KEYWORD :

Kecerdasan Anak Kesehatan Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :