Sabtu, 17/11/2018 10:17 WIB

INTERNASIONAL

Lagi, Ratusan Migran Diselamatkan di Lepas Pantai Libya

Penyelamatan tersebut menambah daftar bertambahnya penyelamatan yang dilakukan terhadap migran dalam beberapa hari ini.

Migran yang diselamatkan di lepas pantai Libya (foto:reuters)

Madrid - Kementerian Pertahanan Spanyol mengeluarkan pernyataan pada Minggu (18/6) menginformasikan kapal Angkatan Laut (AL) Spanyol menyelamatkan dua kapal migran yang berada di lepas pantai Libya.

Pada Sabtu saat matahari terbenam, mereka juga menemukan tiga perahu karet lain yang mengangkut para migran tersebut. Beberapa dari mereka terombang-ambing di atas perahu karet yang kemudian diselamatkan oleh kapal Spanyol dan Italia.

Penyelamatan tersebut menambah daftar bertambahnya penyelamatan yang dilakukan terhadap migran dalam beberapa hari ini.

Hingga peristiwa penyelamatan itu, total migran yang sudah diselamatkan berjumlah 526 jiwa, termasuk diantaranya adalah delapan wanita hamil dan sembilan anak.

AL Spanyol dibantu oleh sebuah kapal milik organisasi non pemerintah, yang kemudian membawa para migran tersebut menuju pelabuhan Italia.

Menurut Reuters, penjaga pantai Italia menyatakan bahwa pada Sabtu lalu, mereka telah menyelamatkan 800 migran dari sebuah perahu karet dala menam operasi di Mediterania.

Di persimpangan laut, antara Libya dan Italia, telah terjadi peningkatan jumlah migran yang hendak mencapai Eropa. Jumlah kedatangan migran ke Italia naik hampir 18 persen pada periode yang sama tahun lalu, yaitu lebih dari 65 ribu jiwa. Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Italia, dikutip reuters.

Sementara itu, penjaga pantai LIbya telah menghentikan 906 migran di atas kapal kayu dan perahu karet yang rusak pada Jumat sebelumnya. Dan pada awal minggu, kapal penyelamat kemanusiaan telah mengevakuasi lebih dari seribu migran di lepas pantai Libya.[]

TAGS : pantai libya imigran penyelamatan kemanusiaan




TERPOPULER :