Jum'at, 19/04/2024 18:29 WIB

INTERNASIONAL

57 Tewas Terperangkap dalam Kebakaran Hutan di Portugal

Sementara menurut polisi setempat, sambaran petir pada pohon kemungkinan menjadi penyebab kebakaran hutan tersebut.

Kebakaran hutan

Lisabon - Menteri Dalam Negeri Portugal, Jorge Gomes, mengeumumkan sedikitnya 57 orang tewas dalam insiden kebakaran hutan di wilayah pegunungan Pedrogo Grande, Portugal pada Minggu (18/6).

Hutan yang terbakar sejak hari Sabtu itu, menurut pejabat setempat, sekurang-kurangnya disebabkan oleh gelombang panas tinggi dan badai petir tanpa hujan di kawasan timur laut, sekira 200 km dari Lisabon. Sementara menurut polisi, sambaran petir pada pohon kemungkinan menjadi penyebab kebakaran hutan tersebut.

"Kabut asap sangat rendah, yang tidak memungkinkan helikopter dan pesawat pemadam kebakaran bekerja baik, tapi kami melakukan semua yang mungkin dan tidak mungkin untuk memadamkan api itu," ucap Gomes, dikutip reuters.

Namun dalam kebakaran itu, jelas Gomes, tidak ada desa di sekitarnya yang ikut terancam. Jarak desa cukup jauh dari lokasi terkbakarnya hutan. Sementara jumlah yang terluka sebanyak 59 orang telah dilarikan ke rumah sakit, termasuk lima dalam keadaan kritis.

"Sayangnya, keadaan tidak lazim. Tidak mungkin melakukan lebih dari yang sudah dilakukan dalam pencegahan dan tanggap cepat," ucap Presiden Marcelo Rebelo de Saousa, yang mengunjungi tempat tersebut pada malamnya dan menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga korban.[]

KEYWORD :

kebakaran hutan lisabon portugal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :