Kamis, 25/04/2024 21:36 WIB

Tanpa Pancasila, Indonesia Bakal Bubar

Pancasila sebagai ideologi negara yang menjadi konsensus bersama para pendiri bangsa wajib untuk dipertahankan. Jika tidak, maka Indonesia bakal bubar.

Ilustrasi Pancasila

Purwakarta - Pancasila sebagai ideologi negara yang diwariskan dan menjadi konsensus bersama para pendiri bangsa wajib untuk dipertahankan. Jika tidak, maka Indonesia bakal bubar.

Demikian disampaikan Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy saat memberikan kuliah umum kepada Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta di Gedung Yudistira Komplek Pemda Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/6).

"Kalau (Pancasila) tidak dipertahankan, maka republik ini akan bubar. Tidak mudah mencari common ground. Menyepakati sesuatu hal yang ada di kepala 255 juta rakyat Indonesia itu bukanlah hal yang mudah," tegas Romy.

Selain itu, lanjut Romy, Indonesia juga bisa bubar jika bangsa ini masih mempertanyakan Pancasila yang telah disepakati itu. Namun, Ia meyakini masyarakat tentu tidak ingin Indonesia bubar seperti Yugoslavia yang terpecah menjadi berbagai negara.

"Iman itu jangan mempertanyakan mengapa. Sebagai living ideology, dikontekstualisasikan dan jangan sekedar dihapalkan namun juga harus dipelajari," katanya.

Dalam kesempatan itu, Romy berpesan, bila apa yang hari ini dianggap tidak baik, maka koreksilah dengan nilai-nilai Pancasila. Misalnya, bila ada ketimpangan, maka tidak berkeadilan sosial.

"Demikian pula bila ada demokrasi yang dijalankan secara over dosis, maka berarti tidak berdasarkan dengan hikmah. Karena setiap orang hanya akan memaknai demokrasi dengan demonstrasi," terangnya.

Kata Romy, jika Pancasila dapat dijalankan dengan baik, maka bakal menjadi filosofi yang relevan dengan zaman. "Bila bukan karena Pancasila, maka rakyat dari Sabang sampai Merauke tidak akan bertemu," tuturnya.

KEYWORD :

Pancasila Ideologi Pancasila ISIS PPP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :