Senin, 11/12/2017 22:19 WIB

Menristekdikti Serahkan 15 Mesin Kapal Hemat Energi

Satu upaya Menristekdikti dalam meningkatkan ekonomi rakyat kecil adalah melalui inovasi teknologi

Menristekdikti Mohamad Nasir menyerahkan bantuan converter kit kepada nelayan di Pelabuhan Paotere, Makassar

Makassar - Usai membuka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2017 ke-22 di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (16/6), Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyerahkan bantuan 15 unit mesin kapal perahu kepada nelayan.

Ke-15 mesin tersebut memiliki keunggulan khusus, yakni lebih hemat dibandingkan mesin kapal perahu pada umumnya. Karena, adanya converter yang mengubah bahan bakar bensin atau solar menjadi gas.

"Kita sedang mendorong inovasi konversi bensin atau solar menjadi gas. Ini akan menghemat 30 persen bahan bakar. Dan tentu rendah polusi," kata Menristekdikti.

Bantuan ini, menurut Menteri Nasir merupakan salah satu upaya kementerian yang digawanginya dalam meningkatkan ekonomi rakyat kecil, melalui inovasi teknologi. Dengan demikian, penggunaan 15 unit mesin kapal perahu itu, tetap akan dipantau efisiensinya.

"Ini pertama diberi 15 dulu, nanti setelah satu bulan atau ketika dilaksanakan Harteknas akan kami cek lagi. Bagaimana penggunaan itu, efisiensinya juga bagaimana, masyarakat yang menggunakannya juga nanti akan kami evaluasi. Kalau sudah baik akan diberikan kepada pemerintah daerah agar bisa memanfaatkan untuk masyarakat di sekitarnya," terangnya.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang hadir dalam kesempatan tersebut menyambut bantuan Menristekdikti. Pemilihan Makassar sebagai tuan rumah Harteknas ke-22 pun menurutnya harus menjadi momentum bagi pengembangan inovasi teknologi Indonesia di masa depan.

"Indonesia ditentukan kebesarannya dari bagaimana teknologi mengatur sumber dayanya. Dan itu di kawasan timur dimulai dari Makassar," ujar Syahrul.

Seperti diketahui, peringatan Harteknas ke-22 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya selalu digelar di Pulau Jawa, maka ini untuk pertama kalinya dilakukan di luar Jawa. Adapun acara puncak Harteknas akan dilaksanakan di Makassar pada 10 Agustus mendatang.

TAGS : Menristekdikti Mohamad Nasir Harteknas 2017




TERPOPULER :