Jum'at, 19/04/2024 05:03 WIB

INTERNASIONAL

Helmut Kohl, Tokoh Reunifikasi Jerman Wafat

Tokoh yang berjasa besar dalam penyatuan kembali Jerman ini juga memiliki andil besar dalam menciptakan zona Euro.

Helmut Kohl, mantan Kanselir Jerman

Berlin - Helmut Kohl adalah seorang politisi dan negarawan konservatif Jerman. Ia memimpin Jerman sebagai kanselir dari tahun 1982 sampai 1998. TOkoh Jerman ini meninggal pada Jumat (16/6) dalam usia 87 tahun.

Tokoh yang berjasa besar dalam penyatuan kembali Jerman ini juga memiliki andil besar dalam menciptakan zona Euro.

Angela Merkel, kanselir Jerman saat ini, menyebutnya sebagai mentor yang hebat. Ia, kata Merkel, adalah orang yang tepat pada wakt uyang tepat. Ia telah mengambil kesemaptan bersejarah untuk mengatasi perpecahan yang terjadi di Eropa.

Jean-Claude Juncker menulis melalui akun twitternya, "Kematian Helmut sangat menyakitkan bagiku. Mentor saya, teman saya, esensi dari Eropa, dia akan sangat, sangat dirindukan."

Kohl sangat berperan dalam upaya perdamaian kembali antara Jerman dan Prancis. Pada sebuah ruangan Kanselir, ada foto Kohl yang berpegangan tangan dengan Presiden Prancis, Francois Mitterand, di sebuah pemakaman Douaumont di Verdun. Foto bersejarah tersebut sangat berarti besar bagi sejarah kedua negara, menjadi simbol rekonsiliasi antara Franco-Jerman, setelah berpuluh tahun konflik antar kedua negara.

Kohl juga mencairkan hubungan dengan Rusia, setelah berhasil mencapai kesepakatan dengan presiden Rusia Mikhail Gorbachev pada Juli 1990, yang menandai mulai berakhirnya era perang dingin.

Ide penyatuan dalam zona Eropa muncul dengan keyakinan Kohl, bahwa penyatuan moneter sangat penting untuk integrasi Eropa yang harmonis. Menurut Kohl, saat mengajukan gagasan penyatuan zona Euro, sikapnya membaut ia kalah dalam bersaing dengan Gerhard Schroder pada pemilihan 1998. Namun, kesepakatan Euro telah tercapai sebelum ia menggalkan jabatan.

Secara resmi, Kohl sudah tak aktif lagi dalam dunia politik pada tahun 2002. Pada tahun 2008, Kohl jatuh, yang membuatnya menderita gangguan bicara sehingga menggunakan kursi roda.[]

KEYWORD :

helmut kohl kanselir jerman zona euro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :