Kamis, 25/04/2024 06:40 WIB

Menristekdikti Buka Harteknas 2017

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membuka acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 ke-22 di Pelabuhan Paotere Makassar

Menristekdikti Mohamad Nasir membuka Harteknas 2017 di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan.

Makassar - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membuka acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 ke-22 di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/6).

Adapun Harteknas kali ini bertemakan `Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan: Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia, di mana puncak acaranya akan digelar pada 10 Agustus mendatang.

Terkait pemilihan Makassar sebagai tuan rumah Harteknas 2017 rupaya punya pesan khusus dari Menristekdikti. Sebab Harteknas pada tahun-tahun sebelumnya hanya digelar di Pulau Jawa.

"Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan terpadat di Indonesia Timur, di mana pintu masuk barang-barang dari luar negeri dan Sulawesi Selatan memiliki dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia," kata Menristekdikti.

Menristekdikti menambahkan melalui Harteknas pemerintah memberikan ruang bagi anak bangsa untuk memamerkan karya berbasis teknologi mereka di bidang pangan, kesehatan, energi, material maju, ICT, pertahanan dan keamanan, transportasi serta kemaritiman.  

Apalagi, selama ini jika berkaca pada sejarah, Indonesia sebetulnya mampu menciptakan berbagai inovasi teknologi, salah satunya penerbangan pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995.

"Hakteknas ke-22 diselenggarakan untuk menghargai seluruh komponen bangsa dalam menguasai, memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, memberi dorongan untuk terus-menerus membangkitkan daya kreasi dan inovasi anak bangsa dan menunjukkan keberhasilan dan prestasi membanggakan di bidang iptek dan inovasi anak bangsa berbasis kemaritiman," ujarnya.

 

KEYWORD :

Menristekdikti Harteknas 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :