Rabu, 24/04/2024 10:46 WIB

INTERNASIONAL

Mahasiswa Asal Amerika Serikat Ini Dibebaskan Dari Korut Dalam Keadaan Koma

Seorang mahasiswa asal Amerika Serikat yang sebelumnya menjadi tahanan di Korea Utara Otto Warmbier telah dibebaskan dan dikembalikan ke negaranya dalam keadaan koma

Otto Warmbier (tengah)

Jakarta - Seorang mahasiswa asal Amerika Serikat yang sebelumnya menjadi tahanan di Korea Utara, Otto Warmbier telah dibebaskan dan dikembalikan ke negaranya dalam keadaan koma.

Menurut keterangan yang dilansir dari Koreaboo, pria 22 tahun itu dipindahkan dengan menggunakan pesawat militer AS. Otto berada dalam kondisi koma, setelah jatuh sakit karena keracunan makanan, pada Maret tahun lalu.

Menurut keterangan orang tua Otto, Fred dan Cindy Warmbier, anaknya meminum pil tidur dan setelah itu dia tidak terbangun lagi.

"Kami ingin dunia tahu, bagaimana kami dan anak kami telah disiksa dan diteror oleh rezin pariah di Korea Utara. Kami sangat bersyukur karena akhirnya dia bisa kembali berkumpul bersama orang yang mencintainya," ujar orang tua Otto.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauter mengatakan bahwa mereka senang Warmbier dapat kembali ke rumahnya, namun menolak memberikan keterangan lebih lanjut terkait kondisinya.

Sekertaris negara, Rex Tillerson, menyatakan bahwa pembebasannya telah diamankan. "Berdasarkan arahan presiden, Departemen Luar Negeri telah membebaskan Otto Warmbier dari Korea Utara. Warmbier sedang dalam perjalanan menuju Amerika Serikat, dimana ia akan bertemu dengan keluarganya," tuturnya.

Warmibier adalah seorang mahasiswa Universitas Virginia yang sedang melakukan tur di Korea Utara pada awal tahun 2016. Dia ditangkap karena mencuri sebuah tanda propaganda politik dari sebuah hotel.

Karena kesalahannya itu, pada persidangannya pada Maret 2016, ia dijatuhi hukuman 15 tahun melakukan kerja paksa (biasanya di pertambangan atau lokasi lain yang ditentukan negara).

Amerika Serikat masih tidak mempercayai pernyataan yang dirilis oleh Korea Utara, dan masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Yang kita tahu sejauh ini adalah apa yang mereka katakan, ini versi Korea Utara, tapi kami tidak tahu pasti sebelum dokter melakukan evaluasi lebih lanjut pada Otto," ujar Pejabat Senior AS.

KEYWORD :

Korea Utara Otto Warmbier




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :