Jum'at, 16/11/2018 20:31 WIB

INTERNASIONAL

Armada Angkatan Laut China Tiba di Iran

Pada 2014, dua kapal perang China bertandang untuk pertamkalinya ke Iran untuk latihan angkatan laut bersama selama empat hari

Armada Angkatan Laut China (Foto: Financial Tribune)

Jakarta - Armada China dari sayap Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dijadwalkan tiba di Iran pada kunjungan keduanya, Kamis (15/6) dini hari. Armada, yang terdiri dari dua kapal perang, yaitu, kapal logistik dan helikopter yang  akan berlabuh di pelabuhan angkatan laut utama Iran di Bandar Abbas.

Pada 2014, dua kapal perang China bertandang untuk pertamkalinya ke Iran untuk latihan angkatan laut bersama selama empat hari. Latihan tersebut berfokus pada pertukaran informasi, operasi intelijen, pertolongan dan penyelamatan di Teluk Persia yang strategis.

Kunjungan tersebut merupakan tanggapan atas perjalanan kapal perang Iran ke China pada 2013. Kelompok tersebut, yang terdiri dari, helikopter Khark dan  kapal Perusak Sabalan yang berlabuh di kota pelabuhan selatan China, Zhangjigang.

Hubungan pertahanan antara Iran dan China semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir. Dalam kunjungan November 2016 oleh Menteri Pertahanan China Chang Wanquan ke Iran, kedua belah pihak menandatangani kesepakatan kerjasama, mencakup pelatihan militer dan kolaborasi kontraterorisme.

TAGS : China Iran Kerjasama Militer




TERPOPULER :