Jum'at, 19/04/2024 06:59 WIB

Yudi Latif: Jangan Sampai Pancasila seperti Alquran Rusak

Pancasila bukan sekedar pelajaran yang hanya didiskusikan, melainkan sebagai ideologi atau pandangan hidup yang harus diterapkan dalam berbangsa dan bernegara.

Kepala UKP-PIP, Yudi Latif

Jakarta - Pancasila bukan sekedar pelajaran yang hanya didiskusikan, melainkan sebagai ideologi atau pandangan hidup yang harus diterapkan dalam berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif, dalam diskusi Kebangsaan bertajuk "Pancasila Sebagai Integrasi Negara dan Agama", di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Jakarta, Selasa (13/6).

Sehingga, kata Yudi, jangan sampai warga negara yang ikut pancasila hanya karena takut hukuman. Akan tetapi, ideologi Pancasila harus dibuktikan dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Jangan sampai Pancasila itu seperti Alquran rusak, dibuang takut dosa, di pakai juga tidak bisa. Jadi orang ikut pelajaran Pancasila karena takut dosa, bukan sesuatu yang ada gunanya," kata Yudi.

Oleh sebab itu, kata Yudi, pembentukan UKP-PIP oleh Presiden Jokowi dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila itu sebagai pandangan hidup yang harus berkembang dipraktekkan dalam setiap kehidupan," tegasnya.

Kata Yudi, UKP-PIP akan membantu kementerian dan lembaga terkait guna memberikan solusi bagaimana pelajaran Pancasila ke depan menjadi sangat menarik dan diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kita bisa buat menarik, misalnya ada unsur filmnya, ada unsur audio visual, ada pelajaran sejarahnya," terang Yudi.

KEYWORD :

Ideologi Pancasila Unit Kerja Presiden Yudi Latif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :