Jum'at, 26/04/2024 01:54 WIB

Ke Pyongyang, Dennis Rodman Jalankan Misi Trump?

Pada tahun 2013, Rodman juga melakukan lawatan ke Pyongyang. Dia menggambarkan perjalanannya sebagai

Dennis Rodman dan Kim Jong-un.(foto:wp)

Beijing - Pemain basket eksentrik, Dennis Rodman, tampak terlihat di bandara Beijing pada hari Selasa (13/6). Dikabarkan mantan pemain basket Chicago Bulls itu akan bertolak ke Pyongyang, Korea Utara (Korut) untuk menjalankan misi Trump.

Media melaporkan bahwa akan ada "diplomasi basket" yang akan diperankan oleh Dennis Rodman pada kunjungan kelimanya kali ini. Namun, Rodman belum memberikan respon atas pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

CNN melaporkan bahwa setidaknya ada dua pejabat Pyongyang yang memastikan bahwa pebasket kontroversial itu akan sampai ke Pyongyang hari ini.

"Dia akan menjadi warga negara khusus," kata pejabat senior Trump, dikutip dari Fox.

Hanya saja, media belum mendapat gambaran resmi apa yang akan dikerjakan oleh pemain basket berusia 56 tahun tersebut.

Rodman sudah empat kali melawat ke Korea Utara. Dia merupakan sedikit dari salah satu orang barat yang pernah bertemu dan bercengkerama dengan Kim Jong-un. Pada tahun 2014 lalu, tayangan sebuah film menunjukkan Rodman sedang menyanyikan lagu ulang tahun untuk Kim Hong-un.

Pada tahun 2013, Rodman juga melakukan lawatan ke Pyongyang. Dia menggambarkan perjalanannya sebagai "diplomasi basket". Namun, segera setelahnya ia mendapat banyak kritikan dan kecaman, karena dianggap gagal mengangkat isu hak asasi manusia atau nasib misionaris AS Kenneth Bae, yang ditahan Pyongyang pada saat itu.

Kedekatan Rodman dengan Kim Jong-un maupun DOnald Trump bukan rahasia lagi. Dan, lawan Rodman ke Pyongyang mendapat tanggapan baik dari Trump dan menyebutnya sebagai "pintar".

Namun, diketahui Kim Jong-un adalah penggemar berat Chicago Bulls, saat Rodman masih bermain pada tahun 1990-an. Saat itu, Kim masih belajar di Swiss.

"Ini bukan tindakan. Tapi dia orang yang jauh berbeda dan tahun ini di Apprentice, sungguh menakjubkan betapa tajam dan cerdasnya. Dennis bukan orang bodoh. Dia pintar dalam banyak hal, dia cukup bijak," ucap Trump dilansir dari guardian.

Hanya saja, Rodman menjauhkan persoalan politik antara kedua negara. Mungkin ini adalah perjalanan seorang bintang menemui fansnya.[]

KEYWORD :

dennis rodman kim jong-un chicago bulls




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :