Rabu, 24/04/2024 09:51 WIB

Alasan PKB Belum Kirim Anggota ke Pansus Angket KPK

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga saat ini belum mengirim anggota ke Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi. Apa alasannya?

Ida Fauziah/antara

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga saat ini belum mengirim anggota ke Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi. Apa alasannya?

Ketua Fraksi PKB Ida Fauziah mengatakan, partainya berpendapat bahwa Pansus Angket KPK tidak bisa berjalan jika tak mendapat dukungan dari seluruh fraksi di DPR.

"Waktu itu kita berpikir tidak bisa jalan makanya kita ngga ngirim. Tapi ternyata kan pansusnya jalan," kata Ida, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/6).

Untuk itu, lanjut Ida, hingga saat ini PKB masih mempertimbangkan untuk mengirim anggota ke Pansus Angket KPK. Menurutnya, yang masih menjadi perdebatan di internal partai adalah kontribusi PKB jika berada di luar Pansus.

"Kita memahami ternyata pansusnya jalan terus, dan pertanyaan yang sering kita dapatkan apa yang dapat dilakukan jika kita berada di luar. Ini pertanyaan yang sedang kita pikirkan," tegasnya.

"Kalau kita tidak bisa melakukan apa-apa di luar, bukankah lebih efektik kalau kita masuk. Ini yang sedang kita menimbang-nimbang. Kita mohon waktu untuk memberikan jawaban," lanjutnya.

Artinya ada kemungkinan untuk kirim anggota ke Pansus Angket KPK? Ida menjawab secara diplomatis. Menurutnya, ada kemungkinan untuk mengirim, tapi masih perlu pertimbangan.

"Ada pertimbangan seperti itu (kirim anggota), kita lihat perkembangannya. Prinsipnya kami belum menentukan sikap, kita lihat perkembangannya. Mau pendek, mau panjang kita nggak tahu," tegasnya.

KEYWORD :

Angket KPK Pansus Angket KPK PKB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :