Rabu, 24/04/2024 08:00 WIB

38 Penyandang Disabilitas Lulus SBMPTN 2017

Seluruhnya terdiri dari penyandang tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan tunadaksa.

Ilustrasi difabel

Jakarta – Sebanyak 38 peserta penyandang disabilitas lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Seluruhnya terdiri dari penyandang tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan tunadaksa.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan ke-38 peserta disabilitas tersebut tersebar dalam beberapa program studi di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Seperti Ilmu Komunikasi, Sastra Indonesia, Psikologi, Teknik Industri, Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Luar Biasa, Biologi, Akuntansi, Sosiologi, dan lain sebagainya.

Disabilitas ini cukup besar sekarang, tidak kalah dengan yang normal. Soalnya juga sama baik untuk tunanetra, tunarungu, tunawicara, maupun tunadaksa,” kata Mohamad Nasir dalam konferensi pers di Gedung Kemristekdikti, Jakarta, Senin (12/6).

Sementara PTN yang menerima penyandang disabilitas di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Surabaya, serta Universitas Negeri Manado.

Sebagai informasi, SBMPTN tahun ini diikuti oleh 797.738 peserta baik lewat jalur bidikmisi maupun non-bidikmisi. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 9,58 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan total PTN yang termasuk dalam daftar berjumlah 85 PTN.

KEYWORD :

SBMPTN 2017 Disabilitas Pendidikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :