Rabu, 24/04/2024 15:46 WIB

Pemerintah Undi 155 Penginapan untuk Jemaah Haji di Mekkah

Sementara bagi jemaah yang mendapatkan lokasi terjauh, tidak perlu khawatir.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam

Jakarta – Menyambut musim haji 2017, pemerintah sudah menyiapkan 155 penginapan ditambah tiga hotel cadangan untuk jemaah haji di Mekkah. Namun, terkait penempatan jemaah, Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pengundian atau Qur’ah, karena adanya variasi jarak dan fasilitas hotel.

“Penginapan terjauh mencapai 4.390 meter dari Masjidil Haram. Ini akibat perluasan maktab, sehingga berpengaruh pada hotel atau pemondokan di sekitar Mekkah,” kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis, Senin (12/6) di Jakarta.

Sementara bagi jemaah yang mendapatkan lokasi terjauh, tidak perlu khawatir. Demi mempermudah akses dari penginapan menuju Masjidil Haram sewaktu-waktu, Sri mengungkapkan pemerintah menyediakan layanan bus shalawat yang beroperasi selama 24 jam penuh.

“Jemaah yang berlokasi di atas 1.500 meter akan mendapatkan layanan bus 24 jam,” ujarnya.

Hal sama juga berlaku di Madinah. Jemaah haji di Madinah akan menempati penginapan di wilayah Markaziyah Syimaliah, Gharbiyah, Janubiyah dan sekitar Markaziyah yang bervariasi jaraknya dari Masjid Nabawi. Jarak terjauhnya adalah 1.200 meter, dengan ketentuan jemaah yang berlokasi di atas 1.000 meter mendapatkan akses bus antar jemput.

Seperti diketahui, tahun ini kuota jemaah haji Indonesia kembali seperti semula, yakni 221.000 jemaah, dengan rincian 204.000 untuk haji reguler dan 17.000 untuk haji khusus. Karena itu, pemerintah juga turut menambah jumlah maktab dari semula 52 maktab pada 2016 menjadi 70 maktab. Setiap maktab akan diisi oleh 3.000 jemaah yang mencakup tujuh hingga delapan kloter.

Sejumlah peningkatan pelayanan juga dilakukan pemerintah, antara lain menambah jumlah konsumsi untuk jemaah, dari sebelumnya 24 kali ditambah menjadi 25 kali, serta pemberian makanan ringan untuk konsumsi jemaah di pagi hari. Sedangkan kantor sektor ditingkatkan dari sembilan menjadi 11 untuk di Mekkah, dan lima kantor sektor di Madinah dari sebelumnya berjumlah empat unit.

“Mudah-mudahan tingkat kepuasan jemaah bertambah seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam.

KEYWORD :

Kementerian Agama Haji 2017 Qurah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :