Sabtu, 20/04/2024 06:13 WIB

Gempa 6,3 SR di Sukabumi Terasa di Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Samudera Hindia.

Ilustrasi catatan getaran gempa

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Samudera Hindia. Tepatnya di 179 Km barat daya kota sukabumi, atau 253 Km barat daya Jakarta pada Senin (12/6) pukul 06.15 pagi.

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengkonfirmasi dampak ke sejumlah BPBD. Gempa yang pusatnya berkedalaman 10 Km tersebut dirasakan oleh sejumlah daerah seperti Kota Sukabumi, Kabuapten Bogor, Jakarta, Bandung, Kabupaten SUkabumi.

Gempa yang dirasakan di Jakarta berintensitas sedang, yang membuat lampu dan perabotan rumah bergoyang. Sementara gempa berintensitas cukup tinggi dirasakan di Bandung, yang terasa selama 3-5 detik. Meja terasa bergetar dan masyarakat berhamburan keluar.

Sementara itu di Kabupaten Sukabumi gempa dirasakan cukup keras selama 5 detik. MAsyarakat berhamburan keluar rumah.

Menurut rilis BMKG, gempa dirasaka nlemah hingga sedang di sejumlah daerah Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut dan Kabuapten Bandung.

Namun, gempa yang berpusat di Samudera Hindia itu tidak menibulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Guncangan gempa diraskaan, namun tidak merusak.[]

KEYWORD :

gempa sukabumi samudera hindia kota sukabumi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :