Sabtu, 20/04/2024 09:05 WIB

Pep Guardiola Ikut Serukan Catalonia Merdeka

Di hadapan sekira 40 ribu warga Catalunya, Pep Guardiola membacakan sebuah petisi menyuarakan referendum untuk kemerdekaan Catalan.

Pep Guardiola serukan Catalunya Merdeka.(foto:guardian)

Barcelona - Di hadapan sekira 40 ribu warga Catalunya, Pep Guardiola membacakan sebuah petisi menyuarakan referendum untuk kemerdekaan Catalan.

Manajer Manchester City itu menyatakan dihadapan warga yang menghadiri reli untuk referendum kemerdekaan Catalonia bahwa tidak ada pilihan lain selain memilih. Di bawah sebuah spanduk besar "Love Democracy" mantan manajer Barcelona itu meminta masyarakat internasional untuk mendukung.

"Kami tidak punya pilihan selain memilih. Kami meminta masyarakat internasional untuk mendukung kita dan kaum demokrat di seluruh dunia untuk membantu kita mempertahankan hak-hak yang terancam di Catalonia, seperti hak kebebasan berekspresi dan hak untuk memilih," tegas Guardiola pada Minggu (11/6) di Barcelona.

Laporan Guardian menulis, Guardiola menyatakan bahwa warga Catalonia telah mencoba 18 kali untuk mencapai kesepakatan mengenai referendum. Dan jawabannya, tabah Guardiola, adalah selalu.

Pada Jum`at sebelumnya, pemerintah Catalan mengumumkan bahwa refrendum kemerdekaan dari Spanyol akan diselenggarakan pada 1 Oktober mendatang. Namun, sikap tersebut langsung mendapat tanggapan dari Madrid, bahwa pemungutan suara yang akan diadakan tersebut adalah ilegal. Penyelenggaraan pemungutan suara tidak akan pernah diizinkan untuk terus berlangsung.

"Mereka bisa mengumumkan referendum sesering yang mereka inginkan, tapi referendum tidak akan ebrlangsung," ucap Wakil Perdana Menteri Spanyol, Soraya Saenz de Santamaria, seperti dikutip dari Guardian.

Pada November 2014, Catalonia pernah mengadakan referendum. Hasilnya sebesar 80% memilih merdeka, namun hanya diikuti sepertiga pemilih yang sah.

Menurut jajak pendapat pada akhir Maret, dukungan untuk kemerdekaan turun, dengan 48,5% orang Catalan menentang untuk memisahkan diri dari Spanyol, sementara 44,3% mendukung untuk pemisahan.[]

KEYWORD :

pep guardiola catalonia merdeka barcelona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :