Jum'at, 19/04/2024 08:32 WIB

Menag Diminta Copot Kanwil Kemenag Provinsi NTB

Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin diminta mengevaluasi pengangkatan Nasruddin sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB.

Pelantikan Nasaruddin sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama di Provinsi NTB

Jakarta - Pelantikan Nasaruddin sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menuai polemik. Sebab, Nasruddin dinilai bermasalah ketika menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu LSM Kebijakan Pemerhati Daerah, Kurniawan meminta, agar Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin mengevaluasi pengangkatan Nasruddin tersebut.

"Tidak etis pejabat yang bermasalah justru diangkat menjadi pejabat Eselon II atau Kanwil Depag di Provinsi NTB itu," tegas Kurniawan, kepada Wartawan, di Jakarta , Jumat (9/6).

Menurut Kurniawan, Nasaruddin sesuai dengan nomor surat Kementerian Agama Republik Indonesia, dengan nomor :R-8855/SJB/B.IV/4/PAS.02.3/11/2016,Prihal : Tindak Lanjut Hasil Audit Investigasi atas dugaan Penyalahgunaan Wewenang dan KKN, Perceraian/Pernikahan kedua Tampa Ijin pada Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

Dimana pada surat tersebut, pada poin ketiga, memerintahkan Nasaruddin dengan NIP 196512311986021003 agar menyetor ke kas negara sebesar Rp 478.768.000.00,-. Yang di tandatangani oleh sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia, Nur Syam.

Selain itu adanya dugaan ada permainan uang dari Nasaruddin ke salahsatu oknum partai politik agar dia bisa dilantik menjadi pejabat eselon II tersebut. "Pak Menteri Agama harus meminta pertanggungjawaban Nasaruddin terkait isu yang beredar itu,” katanya.

Sebab, jika dugaan itu benar terjadi, maka harapan Presiden Jokowi agar masyarakat bisa lepas dari masalah SARA, pungli dan suap maka jauh dari harapan. Pasalnya, Kepala Kanwil Kemenag  RI adalah harus orang yang mampu merangkul semua tokoh lintas agama di daerah yang dia pimpin.

Menurut Kurniawan, posisi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB tersebut dekat dengan sejumlah tokoh agama dan punya kebijakan - kebijakan strategis bahkan salah satu indikator untuk menentukan moral masyarakat di daerah NTB.

“Kanwil Kemeterian Agama NTB  seharusnya adalah orang-orang yang tidak bermasalah. Bagaimana mau menjadi contoh kalau sudah pemimpinnya saja sudah punya masalah dari awal? Untuk itu kami berharap Menag RI Lukman Hakim mencopot Nasaruddin,” tutur Kurniawan.

Kata Kurniawan melihat potensi kerawanan jangka panjang akan muncul bila benar ada isu permainan uang ke partai politik dalam setiap kenaikan pejabat eselon di jajaran Kementerian Agama RI itu.

Untuk itu dia meminta KPK, jaksa dan polisi menyelidiki isu permainan uang itu di setiap pengangkatan pejabat di jajaran Kementerian Agama RI di seluruh Indonesia.

"Seharusnya Menag RI Lukman Hakim Saifuddin sebelum melantik pejabat, melihat secara detil latarbelakang calon pejabat agar tidak salah memilih orang yang bermasalah," tegasnya.

KEYWORD :

Menteri Agama Menag Pejabat Kemenag NTB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :