Rabu, 24/04/2024 05:28 WIB

Mentan Tingkatkan Kesiagaan Karantina Selama Ramadhan

Banun Harpini terus melakukan peningkatan pelayanan karantina pertanian di pintu-pintu pemasukan dan pengeluaran barang di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini dalam jumpa pers Kesiagaan Badan Karantina Pertanian selama Ramadhan dan Idul Fitri (Foto: Jurnas.com/Supi)

Jakarta - Menteri Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini terus melakukan peningkatan pelayanan karantina pertanian di pintu-pintu pemasukan dan pengeluaran barang di seluruh Indonesia.

Lanyanan 24 jam selama 7 hari telah dioptimalkan dan akan terus dipantau untuk pastikan arus komoditas dan kebutuhan masyarakat yang meningkat selama bulan ramadhan dan jelang lebaran berjalan aman dan lancar.

"Guna memberikan layanan  terbaik kepada masyarakat, tentunya diperlukan kesiapan lembaga publik, temasuk Badan Karantina Pertanian dalam menjaga kesehatan produk pertanian," kata Banun Harpini dalam jumpa pers pada Kamis (8/6)

Selain mengoptimalkan layanan 24 selama 7 hari, Karantina Pertanian juga menyediakan posko pengaduan layanan yang dapat disampaikan pada semua akun medsos barantan sebagai upaya merespon cepat kebutuhan informasi dan keluhan pelayanan, dan Operasi bersama kepolisian dan instansi terkait dilakukan pada titik-titik rawan penyelundupan pangan

Setiap komoditas pertanian, kata Banun, hewan dan tumbuhan beserta produknya yang dikirim atau dilalulintaskan antar negara maupun antar area di Indonesia harus melalui pengawasan karantina pertanian. Untuk memastikan komoditas tersebut sehat, aman dan layak untuk kesehatan hewan dan tumbuhan serta manusia.

Badan Karantina Pertanian mencatat dalam beberapa hari terakhir berhasil mencatat beberapa kali upaya pencegahan lalu lintas komoditas pertanian. Selain itu upaya pencegahan penyelundupan satwa juga berhasil dilakukan.

KEYWORD :

Menteri Pertanian Karantina Eskpor Komoditi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :