Rabu, 24/04/2024 07:05 WIB

Ini Keuntungan Jika Properti Anda Dilindungi Asuransi

mengamankan properti bisnis dengan mengasuransikannya secara tidak langsung membuat pemiliki menjaga investasi jangka panjangnya

Program sejuta rumah

Jakarta - Asuransi properti merupakan salah satu sokongan utama sektor asuransi umum di Indonesia. Bagi salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yakni Zurich Insurance, asuransi jenis ini bahkan memberikan kontribusi sebesar 60 persen terhadap keseluruhan bisnis perusahaan.

Namun yang disayangkan adalah, asuransi properti ini masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia. "Banyak yang beranggapan asuransi properti itu mahal. Padahal jika diperhitungkan kembali, boaya perbaikan yang harus ditanggung jika terjadi kerusakan properti tentunya akan jauh lebih mahal," ujar Wirahadi Suryana, Corporate and Commercial Director Zurich Indonesia.

Menurutnya dengan mengamankan properti bisnis dengan mengasuransikannya, secara tidak langsung membuat pemiliki menjaga investasi jangka panjangnya.

Lokasi geografis Indonesia juga dapat menjadi alasan utama wajibnya mengasuransikan properti bisnis. Seperti yang sudah banyak diketahui sebelumnya, Indonesia terletak di kawasan ring of fire. Karena itulah negara ini termasuk rawan bencana, seperti letusan gunung berapi, gempa, longsor, banjir, belum lagi bencana lain seperti kebakaran.

"Bayangkan jika terjadi kebakaran atau bencana alam lain, yang akhirnya merusak pabrik atau bahan baku bisnis, jika tidak diasuransikan, kerugian itu harus ditanggung sendiri dan hal itu tentunya akan mengganggu operasional bisnis secara keseluruhan," tambahnya.

Kesadaran UKM ini terbilang masih rendah, menurut data yang dihimpun Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tahun 2013, 90 persen pelaku bisnis di Indonesia, belum memikirkan asuransi atau cara melindungi bisnis mereka. Oleh karena itu zurich melihat kekurangan tersebut dan mencoba mengembangkan produk asuransi properti yang cocok bagi para pebisnis.

Keunggulan produk asuransi properti Zurich yang masih belum banyak dimiliki asuransi lain adalah layanan Risk Engineering. Ini merupakan layanan konsultasi manajemen resiko, yang akan membantu para nasabah mengendalikan risiko dan meminimalisir potensi kerugian.

KEYWORD :

Asuransi Properti Zurich Insurance




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :