Jum'at, 19/04/2024 17:01 WIB

Imbauan BNPB, Jarak Aman 3 Kilometer dari Gunung Marapi

Sutopo memastikan tidak ada peningkatan status gunung api ini yang sejak 3 Agustus 2011 berstatus Waspada (level II).

Gunung Marapi, Sumatera Barat akhir-akhir beberapa kali meletus kecil

Jakarta -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat sekitar Gunung Marapi, Sumatera Barat,  untuk menjauhi dalam radius tiga kilometer dari sumber letusan seiring status "Waspada" gunung di Sumatera Barat itu setelah erupsi.

"Hujan abu tipis terjadi di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Letusan yang terjadi adalah wajar karena status Waspada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Sutopo memastikan tidak ada peningkatan status gunung api ini yang sejak 3 Agustus 2011 berstatus Waspada (level II). PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan wisatawan tidak mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilomemter dari kawah atau puncak.

"Masyarakat diimbau tetap tenang, tidak terpancing isu-isu menyesatkan. PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan," kata Sutopo.

Dikatakan Sutopo, erupsi ini termasuk tipe vulkanian kecil berupa lontaran bom vulkanik yang menyebar sekitar kawah, juga disertai kepulan abu hitam tebal yang menyebar sesuai arah angin. "Erupsi ini merupakan ciri khas Marapi yang jarang disertai awan panas dan letusan berlangsung dalam waktu singkat," kata Sutopo.

Hari ini Gunung Marapi (tinggi 2.891 meter dpl) meletus dua kali. Berdasarkan laporan PVMBG, letusan pertama terjadi pukul 10.01 WIB menciptakan kolom abu tebal sampai setinggi 300 meter, dan letusan kedua pukul 10:22 WIB setinggi 700 meter dari puncak. Tidak terdengar suara gemuruh dan dentuman dari Pos Marapi di Kota Bukittinggi yang berjarak 14 km di barat laut puncak.

KEYWORD :

Gunung Marapi BNPB Sumatera Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :