Minggu, 25/08/2019 05:14 WIB

Hikmah Ramadan

Di Bangladesh, Biara Bagi-Bagi Makanan Takjil Sebulan Penuh

Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penegasan semangat toleransi keberagamaan di Bangladesh.

Biksu di Bangladesh memberikan makanan takjil bagi Muslim yang berpuasa (foto: DT)

Dhaka, Bangladesh – Pemandangan yang tidak biasa terlihat di Bangladesh. Biara Dhammarajika, yang notabene tempat beribadah bagi umat Budha menyediakan hidangan berbuka puasa bagi umat Islam, selama bulan suci Ramadan. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penegasan semangat toleransi keberagamaan di negara tersebut.

Dikutip  dari Dhaka Tribune, tidak hanya kali ini saja Biara Dhammarajika melakukan kegiatan tersebut. Sejak 2013, biara yang terletak di Basabo, Dhaka itu juga kerap kali membagikan makanan bagi Muslim Bangladesh yang sedang melakukan ibadah puasa. Tujuannya, selain membantu menyediakan makanan bagi Muslim yang berpuasa, juga untuk meredakan ketegangan antar agama.

“Kami ingin membantu mereka yang kekurangan makanan. Menawarkan ifthar (red, makanan takjil) adalah salah satu caranya,” kata biksu kepala Suddhananda Mahathero.

“Sebenarnya kami melakukan itu dari perspektif keharmonisan sosial dan kemanusiaan,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan berbagi makanan takjil, tampak antrean panjang di depan gerbang kuil setiap sore. Mahathero menuturkan biara yang telah berdiri sejak 1951 itu sering mengadakan kegiatan sosial untuk membangun kerukunan umat beragama.

TAGS : Puasa Ramadan Toleransi Bangladesh




TERPOPULER :