Jum'at, 19/04/2024 05:55 WIB

Petinggi IT Dunia Kompak Kecam Keputusan Trump

Trump berkilah akan memikirkan perjanjian baru yang dianggap lebih adil bagi warga AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Paris – Petinggi Apple, Google, Amazon, Facebook, dan Goldman Sachs beramai-ramai mengomentari keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menarik diri dari kesepakatan perubahan iklim (red, Perjanjian Paris atau Paris Aggrement), yang sudah disepakati sejak 2015 lalu.

Trump berkilah akan memikirkan perjanjian baru yang dianggap lebih adil bagi warga AS, dan tidak merugikan bisnis dan pekerjaan yang ada di negeri Paman Sam.

Menanggapi hal ini, eksekutif Apple Tim Cook menyatakan keputusan Trump tersebut merupakan sebuah kesalahan fatal. “Apple berkomitmen menjaga planet dari perubahan iklim, kami tidak gentar,” kata Cook kepada The Independent, Jumat (2/5).

Sementara Sundra Pichai dari Google juga menuliskan kekecewaannya akan keputusan Trump lewat akun media sosial Twitter. “Google akan bekerja keras untuk masa depan yang bersih dan makmur,” tulisnya. Tak lama, kicauan serupa juga diungkapkan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

“(Menarik diri dari Perjanjian Paris) buruk bagi lingkungan, ekonomi serta mengambil resiko bagi masa depan anak-anak kita,” kicau Mark di akun Facebook resminya.

Tak hanya ketiga petinggi perusahaan IT akbar tersebut yang menyatakan kekcewaan atas penarikan diri Trump dari Perjanjian Paris. Amazon, Goldman Sachs, Tesla, dan Disney juga melemparkan hal senada.

“Keputusannya hari ini merupakan kemunduran untuk lingkungan dan kepemimpinan di AS,” kata Lloyd Blankfein, CEO Goldman Sachs.

“Secara prinsip, aku telah mengundurkan diri dari Dewan Presiden terkait penarikan diri dari #ParisAggrement,” ujar bos Disney Bob Iger di Twitter.

“Aku mengundurkan diri dari Dewan Presiden. Perubahan iklim itu nyata. Meninggalkan Paris tidak baik untuk Amerika dan dunia,” tutur CEO Tesla Elon Musk.

KEYWORD :

Perjanjian Paris Trump Apple Google Perubahan Iklim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :