Kamis, 18/04/2024 22:31 WIB

Saat Sahur atau Buka Puasa, Sebaiknya Konsumsi Buah Ini

Selain membuat tubuh tetap sehat, buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

Ilustrasi buah

Jakarta – Saat berpuasa, tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang. Sebab, selama kurang lebih 14 jam perut harus menahan lapar dari segala godaan untuk mengonsumsi apapun.

Namun, untuk urusan makanan jangan sampai salah pilih. Sebaiknya pada saat sahur dan berbuka puasa, makanan yang dipilih memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, jangan makan mie dicampur nasi. Karena kandungan karbohidrat mie dan nasi, dapat membuat perut cepat terasa lapar.

Selain harus mengonsumsi zat tepung atau karbohidrat, sebaiknya tidak lupa juga mengonsumsi buah-buahan. Selain membuat tubuh tetap sehat, buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

Berikut ini buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sahur atau pun buka puasa:

Semangka, buah ini memiliki kandungan air 92 persen. Selain air dan gula, semangka juga mengandung garam rehidrasi esensial, megnesium, kalsium, natrium dan kalium, sehingga lebih efektif menjaga cairan tubuh ketimbang air.

Jeruk, memiliki kadar air 87 persen. Jeruk manis yang dikemas dengan kandungan 100 persen vitamin C baik dikonsumsi saat sahur.

Nanas, buah ini mengandung bromelain, yakni senyawa dengan kekuatan anti inflamasi yang manjur bagi tubuh.

Anggur, memiliki kandungan resveratol sangat tinggi, yakni zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan ramah jantung. Anggur juga kayak air di setiap gigitannya.

KEYWORD :

Hikmah Ramadan Manfaat Puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :