Jum'at, 26/04/2024 06:53 WIB

INTERNASIONAL

Dubai Kampayekan Keselamatan Berkendara Pada Ramadhan

Konsentrasi, ketidaktaatan dan kelelahan berpotensi meningkatkan kecelakaan

Ilustrasi bahaya berkendara saat kelelahan (Foto: albayan)

Jakarta - Otoritas Jalan Raya dan Transportasi Dubai pada Minggu (28/5) memulai kampanye berkendara untuk mengingatkan pengendara bahaya tailgating (berada di belakanga mobil dengan jarak dekat) dan mengemudi saat kelelahan.

"Konsentrasi, ketidaktaatan dan kelelahan berpotensi meningkatkan kecelakaan," kata Maitha bin Udai, chief executive Traffic & Roads Agency of the RTA dilansir TheNational pada Senin (29/5)

"Nilai-nilai mulia yang dipancarkan bulan suci harus memiliki pengaruh positif, termasuk kepatuhan berlalu lintas dan menahan diri dari mengambil hak pengguna jalan lainya," tambahnya

Tahun lalu, Polisi Dubai menerima 2.419 laporan lalu lintas dan mencatat 250 insiden selama lima jam pada hari pertama bulan Ramadan. Sebagian besar kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama bulan Ramadhan adalah karena pengemudi tidak memperhatikan jarak aman antara kendaraan ke kendaraan, kata RTA.

"Saat kendaraan berada di dekat kendaaran Anda, pengemudi di belakang Anda secara langsung membahayakan keselamatan Anda," kata Robert Hodges, seorang ahli pendidikan berkendara dan ahli keselamatan jalan yang berbasis di Inggris.

Ms Udai mendesak pengemudi untuk meninggalkan jarak yang cukup antara kendaraan dan untuk memastikan pengkondisian udara mereka bekerja karena panas dapat menyebabkan kelelahan.

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh tailgating menewaskan 14 orang dan melukai 151 pada kuartal pertama tahun ini, menurut Polisi Dubai. Perbedaan antara waktu tidur dan jam kerja selama bulan Ramadhan mempengaruhi konsentrasi pengendara saat puasa, terutama  saat para karyawan pulang ke rumah, kata Udai.

Ia meminta semua pengendara untuk beristirahat dengan cukup sebelum menyetir, dan beristirahat jika mereka merasa kelelahan atau mengantuk. "Begitu sopir mendengar seruan sholat maghreb saat mengemudi, mereka harus berhenti untuk mengambil air minum, kurma dan salat, sebelum melanjutkan perjalanan," kata Udai.

 

KEYWORD :

Dubai Ramadhan Berkendara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :